Distro Ubuntu

Di 18.04 LTS, Komunitas Ingin Jadikan Unity 7 Varian Resmi (Flavor) Ubuntu

Canonical telah menghentikan proyek desktop Unity, meskipun masih tetap memeliharanya hingga masa EOL Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus tiba. Saat ini pengembang lebih memilih GNOME yang telah dikustom agar mirip seperti Unity sebagai desktop environment utama Ubuntu 17.10 dst.

Unity

Sementara itu, ada komunitas yang masih mengharapkan Unity 7 hidup, sehingga selama beberapa waktu ini mereka giat memelihara Ubuntu Unity. Dalam roadmap yang ditulis oleh ketua komunitas, Dale Beaudoin, di forum komunitas Ubuntu, mereka mengharapkan Ubuntu versi Unity 7 yang mereka kerjakan menjadi varian (flavors) resmi Ubuntu. Dengan demikan, Ubuntu Unity 7 sejajar dengan varian lain seperti Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Ubuntu Budgie, Ubuntu MATE, dll.

Sebelum tulisan itu diposkan, Dale telah mengunggah jajak pendapat untuk menentukan apakah Ubuntu Unity lebih cocok mengikuti rilis standar (9 bulan pemeliharaan) atau rilis LTS. Thread jejak pendapat yang ramai tersebut menghasilkan dua pertiga pemilih lebih senang Ubuntu Unity mengikuti rilis LTS.

Target kerja awal, mereka berencana mengunggah ISO Ubuntu Unity setiap pekan atau 10 hari sekali selama siklus pengembangan 18.04 LTS Bionic Beaver. ISO ini akan memanfaatkan repositori PPA. Jika Dewan Teknik Ubuntu (Technical Board) merestui Ubuntu Unity menjadi varian resmi (flavor), varian tersebut bakal tersedia di server cdimage dan mungkin bisa dibangun tanpa PPA.

Kami akan mengabarkan hal baru terkait varian Ubuntu Unity jika ada perkembangan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Di 18.04 LTS, Komunitas Ingin Jadikan Unity 7 Varian Resmi (Flavor) Ubuntu

  1. Dindin Hernawan says:

    Menarik versi ini menjadi cikal bakal turunan selanjutnya…

  2. Sira Argia says:

    udah 2019, gak ada kabar lagi 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top