Distro

Devuan 1.0 Final Akhirnya Meluncur, Cocok untuk Penggemar Debian Tanpa Systemd

Devuan

Laman Devuan.org

Lebih dari dua tahun pengembangan, Devuan Jessie akhirnya menyentuh versi 1.0.0 final. Devuan merupakan distribusi GNU/Linux berbasis Debian yang ditujukan untuk pengguna yang tidak menyukai systemd. Pendeknya, sistem Devuan seperti Debian sebelum versi 8 Jessie.

Disebut sebagai “Devuan Jessie”, versi stabil pertama Devuan ini memang menggunakan paket-paket dari repositori Debian 8 Jessie yang diolah sedemikian rupa supaya paket-paket yang biasa bergantung pada systemd tak lagi bergantung padanya. Misalnya, paket NetworkManager serta beberapa paket ekstra libsystemd0 yang ada di repositori.

Versi 1.0.0 stabil ini menandakan, Devuan sudah cocok dipakai di sistem produksi, baik untuk desktop maupun server.

Tak hanya arsitektur x86 dan x86_64, Devuan juga mendukung arsitektur ARM. Beberapa papan ARM yang didukung resmi Devuan di antaranya Raspberry Pi 2, Raspberry Pi 3, Orange Pi 2, Acer Chromebook, Cubietruck, Cubieboard 2, CHIP, Odroid XU, Banana Pi, Lamobo R1, dan papan-papan lainnya.

Instalasi Devuan sangat fleksibel, dalam arti ia bisa dipasang via debootstrap, Debian 7 Wheezy dan Debian 8 Jessie, maupun langsung via berkas ISO.

Untuk menginstal Devuan melalui debootstrap, ikuti tautan ini. Bagi pengguna Debian 7 Wheezy dan 8 Jessie, Anda bisa memutakhirkan ke Devuan dengan mengikuti cara ini. Sedangkan, berkas ISO Devuan 1.0.0 bisa diunduh via devuan.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Devuan 1.0 Final Akhirnya Meluncur, Cocok untuk Penggemar Debian Tanpa Systemd

  1. akhirnya rilis juga 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top