Debian Distro

Debian Kembalikan Icedove Menjadi Thunderbird

Tepat satu tahun yang lalu, Debian mengembalikan nama IceWeasel menjadi Mozilla Firefox baik untuk versi ESR maupun normal, setelah satu dekade lamanya. Pasca keputusan ini, pengguna penasaran bagaimana dengan nasib merek lain seperti Icedove (Mozilla Thunderbird)?

IceDove

Pertanyaan tersebut terjawab sudah. Christoph Goehre baru saja mengumumkan, nama Icedove akan dikembalikan lagi menjadi Thunderbird, termasuk ekstensi-ekstensinya seperti iceowl-extension yang diubah menjadi lightning.

Bagaimana cara memindahkan pengaturan konfigurasi Icedove Anda ke Thunderbird? Gampang. Skrip wrapper /usr/bin/thunderbird sudah melakukannya secara otomatis. Namun, ini tidak berarti, migrasi sangat lancar. Mungkin masih ada potensi kegagalan di desktop environment tertentu.

Anda bisa membantu pengembang untuk menyempurnakan migrasi ini dengan cara memeriksa apakah type mime-nya berjalan dengan baik, adakah berkas-berkas konfigurasi yang tertinggal, serta apakah ia berjalan sempurna di beragam desktop environment. Jika ada bug, Anda dapat melaporkannya via laman bug Debian.

Untuk memastikan konfigurasi Icedove Anda tidak rusak, lebih baik, Anda mem-backup terlebih dulu direktori ~/.icedove dan ~/.config/mimeapps.list.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top