Berita

Debian Akan Matikan Layanan FTP

Debian

Mengikuti jejak proyek kernel.org, Debian akan segera menutup layanan FTP mereka. Diumumkan kemarin, Debian akan menutup total FTP tepat tanggal 1 November 2017.

“Setelah bertahun-tahun melayani kebutuhan pengguna, dan penggunaannya semakin menurun sebagai akibat munculnya opsi lain yang lebih baik, semua layanan FTP debian.org publik akan dimatikan tanggal 1 November 2017. Yakni: ftp://ftp.debian.org, ftp://security.debian.org,” tutur pengembang Debian.

Menurut pengembang, mematikan FTP bukan tanpa alasan. Server FTP tidak mendukung caching atau akselerasi, implementasi yang stagnan dan janggal dipakai maupun dikonfigurasi, penggunaan FTP yang sangat rendah menyusul sudah 10 tahun installer Debian tidak menggunakan FTP untuk mengakses mirror, dan protokol yang tidak efisien adalah beberapa alasan mengapa akhirnya Debian mematikan layanan FTP.

Setelah layanan FTP Debian ini dimatikan, laman FTP di atas tetap bisa diakses hanya saja akan terakses melalui protokol HTTP. Hal ini berbeda dengan layanan FTP untuk pengembang (ftp://ftp.upload.debian.org dan ftp://security-master.debian.org) yang akan tetap eksis.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top