Debian Distro

Debian 9.2 Stretch Hadir, Sediakan Banyak Perbaikan Bug dan Celah Keamanan

Belum lama ini, tim distribusi GNU/Linux berbasis komunitas terbesar Debian, meluncurkan rilis pembaruan untuk Debian 9 Stretch.

Debian

“Proyek Debian dengan bangga mengumumkan pembaruan kedua untuk distribusi stabil Debian 9 (nama kode stretch). Rilis poin ini berisi perbaikan isu keamanan, serta beberapa penyesuaian pada masalah-masalah serius,” tulis pengembang akhir pekan kemarin.

Seperti yang Anda baca dari pernyataan tersebut, rilis Debian 9.2 hanya memperbaiki bug—​tidak ada fitur baru layaknya rilis minor Debian pada umumnya, termasuk perbaikan perkakas apt yang berpotensi crash saat menggunakan mirror, manajer berkas caja, bareos, D-Bus, flatpak, GnuTLS, Irssi, kerentanan CVE pada kdepim, kd5-messagelib, dan krb5, mailman, openvpn, SMPlayer, dan vim.

Selain itu, paket webkit2gtk, whois, yadm, dan unbound juga memperoleh perbaikan. Tambalan keamanan yang disediakan oleh Tim Keamanan Debian pun juga hadir di sini termasuk pada Firefox ESR, QEMU, kernel Linux, MariaDB, Emacs 2.4, Ruby 2.3, Chromium, dll. Paket clapack di hapuskan dari rilis ini karena sudah tidak dipelihara lagi.

Bagi yang sudah menggunakan Debian 9.1, Anda bisa memperoleh pembaruan-pembaruan ini melalui perintah dist-upgrade jika menggunakan apt-get, atau upgrade jika menggunakan apt dengan mengikuti mirror yang tertulis di sini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top