Debian Distro

Debian 9.2.1 Dirilis, Benahi Pengurutan Paket Populer pada Citra DVD

Selain rilis mayor (Debian 9) yang berisi fitur-fitur baru dan rilis minor (Debian 9.2) yang berisi perbaikan bug dan tambalan keamanan, Debian juga meluncurkan rilis perbaikan bug (x dalam Debian 9.2.x). Sangat jarang memang, karena rilis perbaikan bug hanya terjadi jika Ada masalah genting yang harus segera diperbaiki.

Debian

Termasuk pada Debian 9.2.1 yang diluncurkan 15 Oktober 2017 lalu. Ia merupakan rilis ISO yang memperbaiki bug pada pengurutan paket yang ada di set DVD full, BD (Blueray Disc), dan DLBD (Dual Layer Blueray Disc). Menurut pengembang, bug yang dimaksud muncul saat kehadiran 9.2 yang menyebabkan data kontes popularitas (data paket populer) tidak tersedia sehingga pengurutan paket kacau.

“Karena glitch di hari rilis, data kontes popularitas tidak tersedian dan ini menyebabkan paket-paket tak terurut dengan benar,” kata pengembang.

Bug ini terlihat remeh, tetapi ia mempengaruhi beberapa fitur penting yang dipakai pengguna. Debian menyediakan 14 DVD yang bisa digunakan oleh pengguna. Semakin besar angka DVD, semakin “tidak penting” dan tidak populer pula paket-paket yang disediakan.

Bug yang dimaksud menyebabkan hilangnya data kontes popularitas sehingga paket yang sangat penting dan populer malah masuk di DVD 14.

Build 9.2.1 memperbaiki bug ini. Skrip build juga ikut diperbarui untuk memastikan bug tidak muncul lagi di masa mendatang,” jelas pengembang.

Bug ini hanya mempengaruhi pengguna yang memasang Debian 9.2 melalui citra DVD, sehingga yang memasang melalui citra live dan netinst aman. Jika Anda ingin mengunduh berkas citra DVD Debian 9.2.1, silakan kunjungi get.debian.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top