Distro Mageia

Dapatkan Perbaikan Celah Keamanan Kritis, Masa EOL Mageia 5 Ditunda Hingga Akhir Tahun 2017

Bagi pengguna Mageia 5, beberapa hari terakhir ini mungkin merasa bingung karena sering mendapatkan pembaruan paket, padahal menurut jadwal dukungan, Mageia 5 sudah memasuki fase EOL (End of Life) 31 Oktober 2017.

Mageia

Jika Anda bingung seperti yang kami rasakan beberapa hari lalu, jawabannya sudah diterbitkan oleh salah satu pengembang Rémi Verschelde, Selasa (7/11). Masa EOL Mageia 5 ternyata ditunda hingga 31 Desember 2017. Bukan tanpa sebab, penundaan masa EOL ini dilakukan karena banyaknya masalah kritis yang dilaporkan oleh pengguna selama proses pemutakhiran ke Mageia 6.

“Masalah semacam itu bisa berbentuk konflik paket yang mencegah (proses) pemutakhiran berakhir dengan benar, membiarkan sistem dalam keadaan hybrid yang kemungkinan membuatnya tidak hidup saat reboot, atau mungkin juga masalah driver yang menyebabkan inisialisasi server X.org grafis gagal, sehingga membiarkan pengguna berakhir di lingkungan terminal alih-alih desktop environment,” jelasnya.

Selama dua bulan ini, Mageia 5 akan terus memperoleh pembaruan paket, khususnya penambalan celah keamanan kritis, baik pada kernel, glibc, flash-player-plugin, dll.

Segera upgrade ke Mageia 6

Meskipun tenggat waktu EOL masih panjang, pengembang menyarankan pengguna untuk segera beralih ke Mageia 6. Jika Anda tertarik, Anda bisa memutakhirkan Mageia 5 yang Anda pakai melalui terminal (dengan urpmi) mengingat perkakas GUI mgaonline untuk sementara ini dinonaktifkan.

Lebih bagus, lebih aman, dan lebih nyamannya lagi jika Anda memutakhirkan sistem ke Mageia 6 melalui instal ulang.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top