Tutorial

Cara Paksa LibreOffice Menggunakan Tampilan Qt

Selama ini jika saya menggunakan desktop berbasis Qt, seperti KDE/Plasma dan LXQt, saya pasti merasa risih saat menggunakan aplikasi berbasis GTK, terutama LibreOffice. Tampilan tidak bagus, kotak-kotak bersudut layaknya desktop zaman kuno.

Nah, bagi Anda yang tidak tahu, LibreOffice sebenarnya memiliki plugin VCL atau Visual Components Library yang memaksa perangkat lunak pengolah dokumen ini menggunakan toolkit grafik tertentu, termasuk memaksa LibreOffice memakai Qt saat dijalankan di lingkungan KDE/Plasma dan LXQt.

Cara menggunakan plugin VCL Qt

Secara sederhana, plugin VCL dapat diaktifkan melalui environment variable SAL_USE_VCLPLUGIN. Jadi, Anda dapat menjalankan LibreOffice dengan tampilan Qt menggunakan perintah:

$ export SAL_USE_VCLPLUGIN=kde4
$ libreoffice

(sebagai catatan dukungan terhadap KDE Plasma maupun Qt5 masih dikerjakan pengembang, otomatis plugin VCL masih menggunakan KDE4)

Sayangnya, perintah tersebut harus dijalankan lewat terminal. Ketika Anda memulai LibreOffice lewat menu aplikasi, LibreOffice akan tetap menggunakan tampilan normal (GTK+).

Oleh karena itu, Anda dapat membenamkan environment variable di berkas .desktop LibreOffice, seperti ini:

$ sudo vim /usr/share/applications/libreoffice-startcenter.desktop

(silakan ganti editor vim dengan editor teks favorit Anda)

Lalu edit pada bagian Exec= menjadi:

...
Exec=env SAL_USE_VCLPLUGIN=kde4 libreoffice %U
...

Atau jika Anda hanya ingin menjalankan environment variable tersebut di LibreOffice Writer, maka Anda perlu mengedit berkas /usr/share/applications/libreoffice-writer.desktop, lalu edit Exec=:

...
Exec=env SAL_USE_VCLPLUGIN=kde4 libreoffice --writer %U
...

Kekurangan dari cara di atas adalah berkas tersebut akan tertimpa dengan berkas baru, jika sewaktu-waktu ada pembaruan pada paket LibreOffice.

[wp_ad_camp_1]

Berikut tampilan LibreOffice jika menggunakan Qt:

LibreOffice
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top