Distro Ubuntu

Selamat Tinggal, Canonical Setop Citra ISO 32-bit untuk Ubuntu Server 18.04 LTS

Seperti yang kita tahu, Ubuntu 17.10 Artful Aardvark sudah mulai tidak menyediakan citra untuk arsitektur 32-bit. Penyetopan dukungan arsitektur ini sudah dimulai pada pra-rilis Beta.

Ubuntu Bionic Beaver

Saat itu, penyetopan ISO 32-bit hanya dilakukan pada desktop, untuk Ubuntu server masih mempertahankan 32-bit. Namun waktunya tiba, Josh Powers dari Canonical, menyampaikan bahwa mereka juga akan menghentikan ISO 32-bit Ubuntu server mulai rilis 18.04 LTS, bulan April 2018.

“Setelah tidak ada nota keberatan atau isu yang disampaikan ke mailing list ubuntu-server, saya meminta penghapusan citra harian Ubuntu Server i386 mulai (versi) 18.04,” ujar Josh. “Dengan adanya perubahan pada ISO i386 desktop, tidak ada lagi perlu diubah pada d-i, mini.iso, arsip, atau jalur pemutakhiran.”

Diskusi yang mengawali penghentian citra untuk 32-bit dilakukan pada awal November kemarin oleh orang yang sama. Setelah ditilik, ternyata memang tidak ada yang keberatan dengan keputusan itu sehingga sangat lumrah jika akhirnya pihak Canonical melakukannya.

Bagi pengguna Ubuntu 17.10 server 32-bit dipastikan tidak akan lagi dapat memutakhirkannya ke Ubuntu 18.04, jadi satu-satunya jalan untuk memasang rilis terbaru 18.04 adalah melakukan instal ulang.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top