Free Software Open Source Software

Calibre 3.5 Tingkatkan Dukungan Layar Sentuh dan Keamanan Calibre-server

Kovid Goyal, pengembang utama perangkat lunak pengelola ebook Calibre, meluncurkan rilis baru 3.5, rilis terakhir di bulan Juli 2017. Sebagai penutup bulan, Calibre 3.5 hadir dengan banyak fitur baru, paling tidak lebih banyak dari rilis Calibre 3.4.

Calibre

Menurut pengembang, Calibre 3.5 mampu menampilkan laman HTML lebih cepat dari biasanya karena aplikasi ini beralih dari html5lib ke html5-parser untuk mengurai kode HTML5. Tampilan daftar buku (book list) juga lebih portabel setelah pengembang membenamkan fitur mode ‘custom’ untuk menentukan kolom metadata apa saja yang perlu ditampilkan via template.

Dukungan layar sentuh di versi ini pun semakin apik. Dalam tampilan daftar buku (book list), pengguna dapat men-scroll tampilan dengan menggeser jari, tap untuk memilih buku, dan tap dua kali untuk melihat buku. Buat pengelola Server Calibre, Calibre 3.5 juga menambahkan keamanan sistem jika ada yang mencoba melakukan bruteforce. Calibre mampu melarang alamat IP tertentu bila IP tersebut gagal melakukan login berulang kali.

Tidak hanya itu, versi ini menambahkan menu untuk mengelola penulis/seri/tag dll pada panel detail buku (Book details) saat pengguna melakukan klik kanan pada item. Calibre 3.5 juga meningkatkan fungsi calibre-debug dan memperbarui firmware driver Kobo.

Selain membawa pembaruan, versi ini juga memperbaiki bug pada PDF Output, Quickview, fungsi Edit Book, dll. Omong-omong, jika Anda ingin memasang Calibre 3.5 namun ia belum tersedia di repositori distro, silakan ikuti cara instalnya via calibre-ebook.com.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top