Berita

BLOI Terjemahkan Buku “Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer” ke Bahasa Inggris

Update: Tangkapan layar percakapan di komunitas LibreOffice Internasional, terima kasih mas Ayid Sudirman atas infonya!

Komunitas Belajar LibreOffice Indonesia (BLOI) semakin serius. Tidak .. saya tidak berlebihan menyatakan demikian. Jika Anda kurang yakin silakan baca artikel resmi di blog The Document Foundation (TDF). Pun Kabar Linux menyinggung tentang artikel tersebut di akun Facebook /kabarlinuxweb.

Selama beberapa pekan terakhir ini, TDF semakin tertarik dengan BLOI. Italo Vignoli, pendiri TDF sekaligus tim pemasaran dan komunikasi TDF, tak segan menawarkan pendiri dan ketua BLOI Taufik Hidayat untuk memperkenalkan dan melaporkan kegiatan komunitas BLOI via blog TDF, yang hasilnya adalah artikel di atas.

Tak berhenti di situ, setelah anggota BLOI meneruskan pesan foto hasil cetak buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Write Revisi 2 ke grup Telegram LibreOffice Internasional, salah satu atau mungkin beberapa anggota tertarik untuk membacanya, tetapi dikarenakan buku ditulis dalam bahasa Indonesia, ia mengurungkan hal itu. Tentang obrolan ini, saya sebenarnya ingin mengunggah cuplikan layarnya, tapi sayang saya belum menemukannya hingga saat ini (seingat saya obrolan tersebut diteruskan ke grup Telegram BLOI).

Buku LibreOffice

Komunitas LibreOffice yang tertarik dengan buku dari BLOI (1)


Buku LibreOffice

Komunitas LibreOffice yang tertarik dengan buku dari BLOI (2)

Jadi, supaya buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Write Revisi 2 ini bisa dibaca oleh kalangan lebih luas, BLOI menerjemahkan buku tersebut ke bahasa Inggris. Proyek penerjemahan ini dipimpin oleh Muhammad Irwan Andriawan. Status terakhir, 28 Juli kemarin, Andriawan dkk sudah menerjemahkan Prakata, Tim Penulis, dan Panduan Penyusunan Buku.

Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer

Kover buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer Revisi 2

Sekarang BLOI memiliki dua proyek; penulisan buku Mengenal LibreOffice Calc dan penerjemahan buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer Revisi 2.

Jika Anda merasa jago bahasa Inggris dan tertarik menjadi tim penerjemahan buku, silakan bergabung ke grup t.me/BelajarLibreOfficeIndonesia, tautan ke grup penerjemahan dapat ditemukan di grup utama tersebut. Anda dapat membaca buku Lebih Dekat dengan LibreOffice Write (edisi 1) dengan mengunduhnya melalui sidebar kanan laman ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top