BlankOn Distro

BlanKoding Kedua Hasilkan Pembaruan Server dan Laman Dokumentasi untuk BlankOn XI Uluwatu

Selama dua hari, 26-27 Agustus 2017, pengembang BlankOn menyelenggarakan hackathon BlanKoding #2. Ini merupakan BlanKoding kedua yang diadakan pada siklus rilis BlankOn XI Uluwatu setelah yang pertama diselenggarakan beberapa bulan lalu di Surabaya.

BlankOn

Acara yang didedikasikan untuk mengembangkan BlankOn XI Uluwatu bersama-sama ini bertempat di kantor KodeKreatif, Bogor. Banyak hal yang berhasil dikerjakan di acara ini, tetapi, dari laporan yang disampaikan manajer rilis Estu Fardani, terlihat bahwa BlanKoding #2 belum fokus pada pengembangan sistem operasi. Sepertinya ini diakibatkan oleh melesetnya target pengembangan Uluwatu karena minimnya dokumentasi dari pengembang lama.

Dihadiri oleh 8 pengembang dan 4 mantan pengembang, tim infrastruktur BlankOn berhasil mengembalikan layanan ke Alynne—​nama server yang baru saja dipasangi irgsh, pabrik-cd, dan reprepro. Dengan demikian, server tersebut sudah mampu dipakai untuk pemaketan (irgsh), menjahit (build) citra ISO secara rutin (pabrik-cd), dan menarik paket-paket sid harian (reprepro).

Namun, bukan berarti itu tanpa kendala, tim infrastruktur masih berusaha menyalin repositori Uluwatu dari server Ananda ke server Alynne mengingat koneksi internasional pada Alynne lambat.

Beralih dari Trac, pengembang juga telah mengganti laman wiki BlankOn dengan GitHub Page. Cek laman blankon.github.io/wiki untuk melihatnya. Kata pengembang, masih ada beberapa kesalahan konten pada laman tersebut yang tengah dibenahi oleh tim dokumentasi.

Kabar lain dari BlanKoding #2 yang menarik adalah berhasilnya tim kesenian mengerjakan wallpaper dan GRUB. Keduanya pun sudah masuk di irgsh dan siap dijahit (build) dengan paket lain. Namun, untuk desain maskot, tim kesenian masih dalam proses menyelesaikan Maskot Manajer Rilis dan Jaminan Kualitas. Bersamaan dengan itu proposal sponsor dan mitra akan segera diterbitkan oleh tim humas.

Beberapa mesin pembangun BlankOn pun berhasil dimutakhirkan dengan perangkat baru, termasuk mesin Wajinah, Rani, Alynne, dan Ananda.

BlankOn XI Uluwatu merupakan calon rilis baru setelah BlankOn X Tambora. Belum ada informasi satupun mengenai fitur-fitur baru yang akan hadir di rilis tersebut. Untuk mengunjungi laman BlankOn silakan akses blankonlinux.or.id. Sedangkan untuk melihat foto-foto kegiatan BlanKoding, silakan simak album BlankOn di Flickr.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top