Distro

Black Lab Linux Enterprise 11 Hadir dengan Kernel Linux 4.8 dan Dukungan Flatpak

Proyek PC/OpenSystems LLC dan Black Lab Software merilis sistem operasi Black Lab Enterprise Linux 11. Sempat disinggung sebelumnya, Black Lab enterprise Linux 11 merupakan produk pengganti netOS.

Black Lab Linux

Black Lab Linux

Distribusi GNU/Linux ini kini menyediakan varian Black Lab Linux Enterprise untuk studio, pendidikan, dan IoT. Menurut pengembang, Black Lab Enterprise Linux merupakan distro enterprise yang berkembang pesat.

“[..] yang dipakai secara luas dari bisnis kecil hingga 500 perusahaan besar. Empat dari 5 markas militer US memanfaatkan Black Lab Linux Enterprise; agensi hukum lokal dan fedoral serta fasilitas riset federal,” ujar pengembang.

Selain itu, Black Lab Linux Enterprise juga dipakai di dunia industri multimedia, transportasi, layanan makanan, hingga sekolah/kampus, tambah pengembang.

Distro Black Lab Linux Enterprise 11 meluncur dengan kernel Linux 4.8, LibreOffice 5.3, dan Google Chrome 58. Yang keren, distro ini juga mulai mendukung Flatpak, KDE Runtime untuk aplikasi berbasis Qt, mendukung kontainer web bergaya ChromiumOS, dan aplikasi Skype.

Untuk masing-masing varian. Black Lab Linux Enterprise reguler membawa DWM untuk sistem tertanam dan dukungan hybrid untuk diterapkan di lingkungan awan maupun lingkungan komputer tradisional. Black Lab Linux Enterprise untuk pendidikan membawa aplikasi-aplikasi dari Edubuntu dan DebianEDU, mendukung KinectOne, Synergy dan Nitroshare, Bleachbit, serta ICE SSB. Sedangkan untuk varian studio, Black Lab Linux Enterprise menyediakan kernel realtime, Mixxx DJ Console, serta aplikasi pengola audio video dan perkakas otomasi stasiun TV/Radio.

Untuk varian IoT, Black Lab Linux Enterprise hadir dengan beberapa aplikasi Xfce, System Backup, dll.

Berkas ISO Black Lab Linux Enterprise 11 bisa diunduh lewat tautan ini secara gratis.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top