Distro

Berbasiskan Debian, Slax Generasi Baru 9.2.1 Diluncurkan

Beberapa tahun tidak ada kabar, akhirnya Slax generasi baru resmi diluncurkan oleh Tomáš Matějíček. Peluncuran ini dimulai awal bulan November ini, Tomáš mengumumkan sesuatu yang mengejutkan, yakni mengubah induk distribusi GNU/Linux Slax dari Slackware ke Debian.

Slax

Slax merupakan distribusi mini berukuran 200MB yang memang sejak awal dibangun dan dikenal sebagai distribusi berbasis Slackware (nama yang mirip bukanlah sebuah kebetulan 😉 ). Sehingga keputusan ini cukup membuat heboh beberapa pengguna Slackware yang agak kecewa dan pengguna Debian yang menyambut dengan sangat baik. Namun, begitulah proyek pengembangan perangkat lunak, pengembang boleh melakukan apapun terhadap produknya.

“Setelah ketidakaktifan selama beberapa tahun, proyek Slax kembali menghidupkan versi baru 9.2.1. Bagi siapapun yang belum pernah mendengarnya, Slax adalah distribusi GNU/Linux mini (200 MB), yang berjalan di komputer Anda tanpa penginstalan, dan tanpa perubahan (kecuali Anda melakukannya),” tutur Tomáš malam (16/11) kemarin.

Sesuai pernyataan Tomáš, Slax generasi baru ini disebutkan dengan nomor versi 9.2.1 dan menggunakan Debian 9 Stretch sebagai sistem dasarnya. Di sini Anda akan melihat window manager Fluxbox, tak lagi desktop environment berfitur penuh KDE. Sebagai launcher aplikasi, Slax 9.2.1 memanfaatkan Xlunch. Xlunch sendiri memang ditujukan untuk Slax meskipun dikembangkan secara terpisah.

Sudah kami sampaikan pagi tadi, Slax berusaha seramping mungkin dengan hanya menyediakan Chromium sebagai peramban dan pemutar video, Qalculate sebagai kalkulator, dan LeafPad sebagai editor teks.

Anda tidak salah lihat, Tomáš memang merujuk Chromium sebagai pemutar video karena di masa kini orang-orang lebih sering menikmati video daring daripada menikmatinya secara luring.

Anda dapat segera mengunduh citra Slax melalui www.slax.org. Distribusi ini menyediakan varian 32-bit berukuran 218MB, 64-bit berukuran 208MB, dan IPXE (boot melalui jaringan) berukuran 0.9MB

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top