Arch Distro

Arch Linux Berhenti Kembangkan Perkakas ABS

Arch Linux

Selama ini, para pengguna distribusi GNU/Linux Arch Linux diberi keleluasaan untuk memasang paket aplikasi binary langsung atau melalui source code yang di-compile sendiri via berkas PKGBUILD, meski sebenarnya tak banyak yang melakukan “cara manual” ini.

Untuk mengerjakan cara kedua di atas, pengguna bisa memanfaatkan Arch Build System (ABS) — sistem pemaketan mirip ports FreeBSD yang bertugas meng-compile tarball dan menjadikannya sebagai paket binary untuk dipasang melalui Pacman. Cara ini dilakukan dengan perkakas abs.

Namun, mulai hari ini, pengembang resmi mengusangkan perkakas tersebut beserta sistem pentransferan rsync yang dipakai untuk mendapatkan berkas PKGBUILD.

“Karena tingginya biaya pemeliharaan skrip yang berhubungan dengan Arch Build System, kami putuskan untuk mengusangkan perkakas abs dan rsync sebagai cara untuk memeroleh PKGBUILD,” tutur Bartłomiej Piotrowski, pengembang Arch Linux malam ini.

Sebagai pengganti perkakas abs, pengembang menyarankan perkakas asp yang bisa dipasang dari repositori [extra]. Sedangkan untuk mengunduh satu atau beberapa berkas PKGBUILD, pengguna bisa memanfaatkan repositori Subversion. Sebagai catatan, pengembang tak menyarankan pengguna untuk mengunduh semua PKGBUILD melalui Subversion, pengguna harus mengunduhnya dari cermin svntogit.

Sedangkan untuk rsync, repositori rsync://rsync.archlinux.org/abs akan resmi ditutup akhir bulan nanti.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top