Distro Ubuntu

Apa Nama Kode Ubuntu 18.04 LTS? Bionic Beaver!

Tanggal 19 Oktober, Canonical sukses meluncurkan Ubuntu 17.10 Artful Aardvark sebagai rilis termutakhir, terbesar, dan paling menarik yang pernah hadir selama beberapa tahun terakhir.

“Selamat kepada tim *Buntu pada rilis Artful Aardvark 17.10, yang menyediakan semua desktop favorit Anda, kubernetes 1.8, OpenStack teranyar, dan pembaruan keamanan selama 9 bulan, yang membawa kita ke rilis enterprise selanjutnya, Ubuntu 18.04 LTS,” kata pendiri Canonical, Mark Shuttleworth.

Ubuntu Bionic Beaver

Satu poin paling menarik dari Ubuntu adalah penggunaan nama kode yang selalu segar di setiap rilisnya. Nama kodenya itu diurutkan berdasarkan abjad dan di rilis April kemarin sudah menyentuh huruf Z (Zesty Zapus), sehingga mulai Oktober 2017 ini, nama kode rilis Ubuntu 17.10 dikembalikan ke huruf A (Artful Aardvark).

Kita pasti bisa menebak bahwa Ubuntu 18.04 pasti nama kodenya diawali dengan huruf B. Lalu, kira-kira apa ya nama kodenya?

Lagi-lagi kita intip pernyataan Shuttleworth yang belum lama ini diterbitkan di markshuttleworth.com, dan ini dia, Ubuntu 18.04 akan memiliki nama kode Bionic Beaver.

Apa itu Bionic Beaver?

Nama kode Ubuntu biasanya memiliki dua unsur kata. Kata pertama berupa kata sifat dan kata kedua berupa nama hewan. Khusus untuk nama kode Ubuntu 18.04 ini, unsur kata sifat diwakili dengan hal kekinian dan masa depan: Bionic. Jadi apa maksudnya?

Mark Shuttleworth menganggap, Ubuntu Core merupakan produk penting yang dibangun oleh para pengembang Ubuntu dan Canonical. Secara teknis, ia adalah salah satu jenis sistem operasi Ubuntu yang ditujukan untuk perangkat tertanam, termasuk SBC (Single-board computer). Namun, jangan lupa juga, Ubuntu Core juga merupakan sistem operasi yang dibenamkan pada robot REEM dan REEM-C yang dipamerkan di ajang Mobile Word Congress (MWC) 2017 beberapa bulan lalu.

“Para pembangunlah yang kita rayakan — orang-orang yang membangun paket-paket dan aplikasi upstream, orang-orang yang membangun Ubuntu, dan orang-orang yang membangun (apapun) di Ubuntu. Sebagai penghormatan atas kerja keras tanpa lelah, maskot kita untuk siklus ini adalah mamalia ternama yang dikenal dengan sikap energiknya, sifat rajinnya, dan kecakapan tekniknya,” tegas Shuttleworth. “Kami memberikannya sebuah hal nerd yang rapi di abad 21 sebagai penghormatan pada robot yang menjalankan Ubuntu Core tanpa henti. Bapak-bapak dan ibu-ibu, saya persembahkan 18.04 LTS, Bionic Beaver.”

Beaver sendiri merupakan berang-berang yang memiliki habitat di Eropa, Amerika Utara, dan sebagian Asia. Jika Anda bingung membedakan antara beaver dan otter yang sama-sama diartikan sebagai berang-berang ke dalam bahasa Indonesia, silakan baca ini, karena Kabar Linux bukanlah tempat untuk berbagi hal tersebut 😉

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top