Berita

Anda Dapat Mencoba Unix Edisi Pertama Via Docker

GNU/Linux merupakan sistem operasi mirip-Unix, begitu juga dengan sistem operasi serupa seperti BSD dan macOS (sebenarnya macOS sendiri sudah tersertifikasi sebagai Unix). Yang disebut mirip adalah bagaimana sistem operasi tersebut mengelola banyak pengguna dalam sistem yang sama (multi-user) dan mengelola banyak proses (multi-process).

Mungkin selama menggunakan GNU/Linux Anda penasaran dengan Unix edisi pertama. Ucapkan terima kasih kepada Brian Bennett yang menyediakan citra Docker Unix edisi pertama di tautan ini.

Edisi pertama Unix berjalan di perangkat PDP-11. Nick Janetakis, menjelaskan lewat blognya, “PDP-11 adalah komputer yang dijual pada awal-awal 1970-an sampai 1990-an. Anda dapat membaca brosur PDF asli jika berminat, atau jika Anda ingin melakukan riset secara detail berikut manual dengan 300+ halaman.” Terangnya.

“Ia dilabeli sebagai ‘minicomputer‘ meski memiliki berat sekitar 100 pon (45kg) dan seharga $10.800 pada tahun 1970-an. Jika Anda menghitung jumlah inflasi harga tersebut sebanding dengan $63.246 hari ini.”

PDP-11
Gambar 1. PDP-11 (Wikimedia)

Sangat menarik, PDP-11 sendiri tidak memiliki monitor. Sebenarnya, ia punya “monitor” berbentuk kertas yang akan mencetak keluaran perintah yang dijalankan oleh pengguna. Perangkat untuk mengetik perintah pada perangkat ini disebut dengan teletypes.

Tidak mungkin juga bukan kita mencoba edisi pertama Unix langsung melalui PDP-11? Dengan demikian, citra docker Unix tersebut dapat menyediakan simulator PDP-11 bagi orang-orang yang ingin menjajalnya.

Silakan rujuk repositori github tersebut untuk melihat tata cara instalasi dan penggunaan.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top