Keamanan

Ada Celah Keamanan, Pengembang Debian Wanti-wanti Pengguna Intel Skylake dan Kaby Lake

Celah keamanan kembali ditemukan di beragam distribusi GNU/Linux, kali ini celah tersebut memengaruhi perangkat dengan prosesor Intel generasi ke 6 dan 7, Skylake dan Kaby Lake, dengan HyperThreading.

Menyusul penemuan tersebut, Henrique de Moraes Holschuh dari Debian mewanti-wanti para penggunanya lewat mailing list Debian bahwa masalah ini memengaruhi perangkat desktop, mobile, tertanam, High-End Desktop (HEDT), dan server dengan seri Xeon 5 hingga Xeon 6.

Diumumkan 25 Juni malam WIB, besar kemungkinan Debian menjadi proyek distribusi GNU/Linux pertama yang mewanti-wanti tentang masalah ini kepada para penggunanya. Kata Holschuh, “kecacatan ini, ketika dipicu, menyebabkan perilaku sistem yang tidak dapat diprediksi: ia dapat menyebabkan galat palsu, seperti perilaku aneh pada aplikasi dan sistem, korupsi data, dan hilangnya data. [..] Menonaktifkan HyperThreading segera lewat BIOS/UEFI untuk mengatasi masalah tersebut.”

Jika Anda menggunakan Debian 8 Jessie atau Debian 9 Stretch, pengembang telah merilis pembaruan paket intel-microcode ke repositori resmi, non-free dan jessie-backports. Untuk memastikan bahwa generasi prosesor Intel Anda adalah Skylake atau Kabylake, silakan cek lewat /proc/cpuinfo. Simak isi posel ini untuk melihat apakah fitur HyperThreading Anda aktif atau tidak.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top