Distro Zorin OS

Zorin OS 12 Core dan Ultimate Dirilis, Perbarui Keseluruhan Komponen Zorin Desktop

Zorin OS 12

Zorin OS 12 (zorinos.com)

Tim pengembang meluncurkan Zorin OS 12 Core dan Ultimate yang dibangun dari Ubuntu 16.04 LTS. Mereka merepresentasikan rilis ini sebagai “rilis terbesar dalam sejarah Zorin OS”.

“Dengan versi baru ini, kami memperkenalkan keseluruhan pengalaman desktop baru yang membuat komputer Anda semakin berguna, makin powerful, dan lebih nikmat untuk dipakai,” tulis pengembang Zorin OS.

Zorin OS 12 mulai memfungsikan tombol super yang akan memunculkan Activities Overview. Workspace pun lebih fleksibel dan dinamis. Pengguna bisa mencari, menata, dan mengorganisasi aplikasi tanpa perlu kehabisan workspace.

Layaknya desktop yang menyediakan fitur pencarian cepat, Zorin OS 12 hadir dengan Universal Search. Pengguna bisa mencari apapun; aplikasi dan berkas, langsung melalui desktop.

“Kami memperkenalkan notifikasi yang lebih kaya fitur dan interaktif dari pada sebelumnya. Sekarang notifikasi lebih interaktif, jadi tidak hanya menginformasikan hal-hal baru secara real time, ia juga membiarkan Anda melakukan sesuatu tanpa perlu mengganggu pekerjaan Anda.”

Di notifikasi versi baru, apabila notifikasi aktif dan mengganggu, Anda bisa mengabaikan notifikasi tersebut. Anda masih dapat melihat notifikasi tersebut melalui menu panel.

Tampilan desktop Zorin OS 12 semakin fleksibel. Sistem operasi ini mampu mendeteksi resolusi layar secara otomatis serta mendukung gesture layar sentuh; tiga jari untuk membuka Activities Overview dan berpindah aplikasi serta empat jari untuk menggeser workspace.

Selain itu, Zorin OS 12 juga membawa pembaruan tema termasuk ikon, perkakas Zorin Look Changer dan Zorin Theme Changer, dan Software store yang baru.

Beberapa aplikasi baru yang lain diperkenalkan di versi ini, di antaranya Maps, aplikasi prediksi cuaca, Photos yang menggantikan Shotwell Photo Manager, Videos yang mendukung YouTube, Vimeo, dll.

Pengembang ubah jadwal rilis di versi selanjutnya

Bersamaan dengan kehadiran Zorin OS 12, Zorin OS versi baru akan hadir setiap dua tahun sekali. Dalam dua tahun ini, pengembang tetap menyediakan pembaruan dan perbaikan keamanan sebagai rilis poin.

Untuk varian Lite, Educational, dan Business masih dikembangkan dan akan diluncurkan beberapa pekan lagi.

Anda bisa mengunduh Zorin OS 12 Core dan Ultimate di situs zorinos.com.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Zorin OS 12 Core dan Ultimate Dirilis, Perbarui Keseluruhan Komponen Zorin Desktop

  1. Jelaskan versi Linux ziron yg pertama hingga sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top