Ubuntu

ZFS Akan Dibenamkan Secara Default di Ubuntu 16.04 LTS

Ubuntu ZFSTahun 2015, Mark Shuttleworth menyetujui pengembang Ubuntu untuk membenamkan ZFS (Z File System) secara default di distro tersebut. Kemudian dikonfirmasi pada awal tahun ini, bahwa ZFS akan tersedia secara default sebagai modul kernel (zfs.ko) di Ubuntu 16.04 LTS.

ZFS merupakan sistem berkas yang dikembangkan oleh Oracle dan menjadi fitur unggulan sistem operasi FreeBSD. Para penghobi Linux pun telah mem-port sistem berkas ini ke kernel Linux di proyek zfsonlinux.org. Karena masalah lisensi, ZFS tidak bisa dibenamkan dalam kernel Linux (kernelspace) dan hanya boleh dipakai sebagai modul serta dijalankan di userspace.

ZFS menggunakan lisensi CDDL (Common Development and Distribution License) sedangkan kernel Linux menggunakan GPL (GNU Public License). Masing-masing tidak bisa bergabung dalam satu proyek (update) dalam bentuk binary.

Keputusan Ubuntu untuk membenamkan ZFS secara default cukup membuat gaduh komunitas, apakah itu legal atau tidak. Namun pernyataan Dustin Kirkland bisa melegakan banyak orang.

“Dan zfs.ko, sebagai modul sistem berkas self-contained, bukanlah turunan kernel Linux tapi cukup jelas sebagai karya turunan OpenZFS dan OpenSolaris. Pengecualian setara yang sudah ada bertahun-tahun, untuk beragam stand alone lain, self-contained, modul kernel non-GPL.Tulis Dustin.

Salah satu modul kernel non-GPL yang dimaksud Dustin adalah nvidia.ko, driver grafis NVIDIA proprietari.

“Kesimpulan kami baik untuk pengguna Ubuntu, baik untuk Linux, dan baik untuk semua perangkat lunak bebas dan open source.”

Dengan kata lain, Dustin sebagai perwakilan Canonical dan Ubuntu tak berminat untuk berdebat mengenai kompatibilitas lisensi, mereka hanya ingin berdiskusi dan fokus dengan teknologinya.

Semoga setelah ZFS benar-benar dirilis di Ubuntu 16.04, tak ada masalah yang muncul mengenai perpaduan dua lisensi ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top