Distro Ubuntu

Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak” Resmi Diluncurkan!

Yakkety YakEnam bulan berlalu, Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak” diluncurkan tepat tanggal 13 Oktober 2016. Seperti yang disampaikan oleh Canonical, Anda bisa menggunakan Ubuntu 16.10 sebagai sistem operasi utama, baik untuk lingkungan desktop, server, maupun cloud.

Ubuntu 16.10 adalah rilis non-LTS yang hanya akan didukung oleh pengembang selama 9 bulan, sehingga ia akan memasuki fase EOL pada bulan Juli 2017, 3 bulan setelah peluncuran Ubuntu 17.04.

Yang baru di Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak”

Dari sisi desktop, Ubuntu 16.10 tidak membawa banyak pembaruan. Ia hanya membawa pembaruan pada stack GNOME 3.20, perlengkapan kantor LibreOffice 5.2, peramban Mozilla Firefox 49.0, serta kernel Linux 4.8. Selain itu, penggunaan GnuPG 2 sebagai GPG default dan pengimplementasian systemd untuk sesi user.

Yakkety Yak ini pun jadi versi percobaan penerapan sesi Unity 8 yang bisa Anda pilih via login manager. Karena sifatnya yang masih eksperimental, Unity 8 hanya cocok dipakai untuk coba-coba bukan sebagai lingkungan produksi.

Sedangkan dari sisi server dan cloud, Ubuntu 16.10 membawa pembaruan pada MAAS, OpenStack, Juju, Docker, LXD, dll.

Bagi yang ingin mengunduh Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak”, sila kunjungi laman ubuntu.com, atau kunjungi kumpulan tautan unduhan Ubuntu di Kabar Linux.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top