Ubuntu

Ubuntu 16.04 LTS “Xenial Xerus” Resmi Diluncurkan

Ubuntu 16.04 LTS Hari yang ditunggu para pengguna Ubuntu telah tiba. Ubuntu 16.04 LTS “Xenial Xerus” diluncurkan tepat di hari Kartini 21 April 2016.

“Dengan senang hati tim Ubuntu mengumumkan dukungan keenam LTS, Ubuntu 16.04 LTS untuk desktop, server, cloud, dan core.” Tulis Adam Conrad, melalui mailist ubuntu-announce.

Seperti yang disebutkan Canonical, Ubuntu 16.04 membawa banyak fitur baru, termasuk di manajemen paket, dukungan perangkat keras, sistem berkas baru, dan lainnya.

Ubuntu 16.04 meningkatkan performa dan dukungan prosesor Intel Skylake, driver baru untuk Corsair Vengeance K90, dukungan 3D di driver GPU virtual, dukungan chip TPM 2.0, dan dukungan journaled RAID 5, driver Logitech G29, dan dukungan untuk beberapa laptop Toshiba baru.

Tak peduli dengan SFC dan FSF, Ubuntu tetap mendukung sistem berkas ZFS di versi teranyar ini. Sistem berkas dengan manajer volume yang sangat powerful untuk digunakan di ruang penyimpanan berskala tinggi, walaupun Anda tetap bisa menggunakannya di perangkat laptop atau PC biasa.

Ubuntu 16.04 LTS juga mengenalkan Snappy, format paket baru yang menggunakan sistem seperti static link dan berjalan di sandbox. Ia membawa Unity 7.4 sebagai DE nya, jadi bagi yang menunggu Unity 8 di versi ini tentu perlu bersabar beberapa waktu lagi.

Anda tidak akan memakai Ubuntu Software Center, karena ia telah diganti dengan GNOME Software dengan fitur yang tak kalah dengan USC, misalnya ada fitur komentar dan rating.

Di area perangkat keras, Ubuntu 16.04 mendukung RaspberryPi, Intel/AMD 32-bit maupun 64-bit, IBM Z, LinuxOne, hingga POWER8.

Anda bisa mengunduh Ubuntu 16.04 LTS “Xenial Xerus” di tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top