Distro Fedora

Tingkatkan Keamanan, Fedora 26 Akan Bawa OpenSSL 1.1.0 Secara Default

FedoraManajer Program Fedora, Jan Kurik memberitahu komunitas Fedora Linux bahwa Fedora 26 akan menggunakan OpenSSL 1.1.0 secara default. Fedora versi stabil terbaru membenamkan OpenSSL 1.0.2h dengan patchpatch untuk membenahi keamanan kritis. Namun kini pengembang memutuskan untuk mengalihkan versinya ke 1.1.0.

Melalui proposal ini, pengembang menyatakan, “Pembaruan pustaka OpenSSL ke branch 1.1.0. di Fedora untuk menyediakan banyak perbaikan, algoritma kriptografi baru, API baru untuk menjaga kestabilan ABI di pemutakhiran selanjutnya. Kami juga menambahkan paket openssl102 agar aplikasi dan dependensi-dependensi lain yang belum diport ke API baru masih tetap bisa berjalan.”

Seperti yang dikatakan pengembang, pemutakhiran versi akan membawa banyak keuntungan bagi Fedora, terutama pada sisi keamanan. Namun untuk menjaga kompatibilitas paket, Fedora 26 tetap akan menyediakan OpenSSL 1.0.2.

Menurut jadwal rilis, Fedora 26 akan hadir pada tanggal 6 Juni 2017, tujuh bulan setelah kehadiran Fedora 25 bulan November tahun ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

6 comments on “Tingkatkan Keamanan, Fedora 26 Akan Bawa OpenSSL 1.1.0 Secara Default

  1. Aan Wahyu says:

    Wah masih lama ya. Apalagi versi 26 :3

    Apa Arch Linux bisa lebih dulu atau enggak ya? 😀

    1. Eh ArchLinux masih pakai 1.0.2 ya mas? Mungkin bisa 😀

      1. Aan Wahyu says:

        Iya mas masih openssl 1.0.2.j-1.

        Harusnya sih Arch Linux yang pertama kali jadi kambing percobaan :3

        1. IMO. Pengembang ArchLinux cari aman kalau masalah OpenSSL. Kalau mau bleeding edge pasti sudah nyediain versi 1.1.0 minggu awal September kemarin X)

          1. Aan Wahyu says:

            Untuk sekarang iya, tapi untuk nanti 2017? 😀

          2. Oiya, tahun segitu pasti pakai. Tapi mungkin udah muncul OpenSSL versi yang lebih baru lagi. hehe. Kurang tahu juga sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top