Arch

Terinspirasi PPA, Perkakas Baru untuk Bikin Repositori ArchLinux

arch-ppaAda satu perkakas baru untuk pemaketan aplikasi di distro ArchLinux yang terinspirasi dari Personal Package Archive (PPA) Ubuntu. Perkakas ini dinamakan sebagai arch-ppa. Sistem arch-ppa sangat mirip dengan PPA Ubuntu, berkas PPA dihost sendiri oleh Anda, baik di server lokal maupun server luar, dan Anda bisa mengijinkan siapapun pengguna ArchLinux untuk mengakses paket-paket PPA Anda.

Menurut Ryan McGuire, penulis arch-ppa, AUR (Arch User Repository) tidak menjamin keamanan pengguna. Pengguna harus jeli memperhatikan kode PKGBUILD sebelum menginstall paket dari AUR karena bisa saja berkas paket diunduh dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

“Karena ini saya tidak suka menggunakan helper AUR seperti yaourt atau pacaur. Menggunakan AUR dengan helper mewajibkan pengguna untuk rajin melihat PKGBUILD yang diunduh, untuk memastikan ia tidak membawa virus atau trojan, atau mengunduh dari URL yang aneh,” ungkap Ryan.

Untuk meningkatkan keamanan AUR, dengan arch-ppa pengembang paket bisa menandatangani (sign) nya dengan gpg key. Selain itu saat instalasi paket berlangsung, arch-ppa berjalan di dalam lingkungan virtual (systemd-nspawn) alih-alih di sistem utama.

AUR merupakan salah satu kekuatan besar ArchLinux. Mayoritas pengguna distro rolling release satu ini mencintai repositori non-resmi AUR, tetapi tidak salah juga jika Anda mencoba perkakas arch-ppa yang bisa Anda unduh di laman Github.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top