Debian Distro

Situs-situs Layanan Debian Tersedia dalam Bentuk Onion

DebianSecara resmi, kini Debian menyediakan segala layanannya dalam bentuk layanan onion.

“Kami, proyek Debian dan proyek Tor mengaktifkan layanan onion Tor untuk beberapa situs kami. Situs-situs ini sekarang bisa diakses tanpa harus keluar dari jaringan Tor, menyediakan opsi baru untuk terkoneksi ke sumber daya secara aman, (layanan ini disediakan) oleh Debian dan Tor.” Tulis Weasel.

Dengan layanan onion ini, pengguna Debian bisa mengakses situs resmi maupun repositori tanpa takut diintai, dilarang, maupun diganggu.

“Kebebasan untuk menggunakan perangkat lunak open source mungkin saja diganggu saat pengaksesan perangkat lunak tersebut dimonitor, dilog, dibatasi, dicegah, atau dilarang.”

Daftar situs layanan Debian yang menggunakan onion bisa dilihat di onion.debian.org. Dua di antaranya adalah Debian FTP dan arsip Debian Security. Anda bisa menambahkan dua situs ini ke dalam “source.list” dalam bentuk onion, seperti di bawah ini:

deb tor+http://vwakviie2ienjx6t.onion/debian jessie main
deb tor+http://vwakviie2ienjx6t.onion/debian jessie-updates main
deb tor+http://sgvtcaew4bxjd7ln.onion/debian-security jessie/updates main

Anda pengguna Tor dan Debian? Silakan coba layanan baru ini 😉

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top