Berita

Selamat Ulang Tahun ke 25, Editor Teks Vim!

VimTepat tanggal 2 November 1991, Vim lahir dari tangan seorang pemrogram Belanda — Bram Moolenaar — yang ingin menyediakan editor teks alternatif Vi dengan fitur yang lebih baik.

Vi IMitation (nama pertama Vim sebelum diganti menjadi Vi IMproved) hadir pertama kali pada tahun 1988 untuk komputer Amiga. Kemudian dirilis untuk publik pada tanggal 2 November 1991 sebagai versi 1.14 dan disebarkan dengan diska Fred Fish 591. Penggantian nama menjadi Vi IMproved dimulai pada tahun 1992 saat editor teks ini diport ke Unix.

Sejak itu, berturut-turut, Vim membawa fitur-fitur baru seperti multiple window, dukungan GUI, syntax hightlighting, dst. Dan mendapatkan penghargaan dari Linux Journal sebagai editor teks favorit, sebagai finalis di LinuxWorld Editors’ Choice Awards, dan sebagai nominator editor teks open-source di Beanie Award Slashdot.

Kini, Vim tetap populer di kalangan power user dan para pengguna pemula yang adiktif dengan editor teks berorientasi keyboard.

Selamat ulang tahun ke 25 Vim!

Vim terbaru adalah Vim 8 yang hadir dengan banyak fitur baru yang menarik, termasuk async job. Bagi Anda yang ingin mengikuti tutorial dasar Vim, Anda bisa melihat tulisannya di tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top