Berita

Red Hat Enterprise Linux 6.8 Berhenti Dukung Btrfs dan eCryptfs

Btrfs

Situs Btrfs

Bersamaan dengan peluncuran Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6.8, RedHat menghapus dukungan sistem berkas alternatif ZFS untuk GNU/Linux, Btrfs. Btrfs merupakan sistem berkas baru untuk GNU/Linux dengan dukungan pooling, snapshot, checksum, dan pengintegrasian multi-perangkat.

Dalam catatan peluncuran RHEL 6.8 disebutkan, “Pengembangan B-tree file system (Btrfs) dihentikan, dan Btrfs dianggap usang. Sebelumnya, Btrfs disediakan sebagai Technology Preview, untuk arsitektur AMD64 dan Intel 64.”

Kabar penghapusan Btrfs di RHEL cukup mengagetkan. Bagaimana tidak? Btrfs adalah masa depan GNU/Linux dan saat ini masih dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar termasuk Red Hat sendiri, Facebook, Fujitsu, Netgear, Intel, Oracle, dan lainnya.

Tapi, dilansir dari Phoronix, Btrfs hanya dihapus dari RHEL6. RHEL7 tetap akan menyediakan Btrfs sebagai Technology Preview.

Selain Btrfs, RHEL 6.8 juga menghapus dukungan sistem berkas eCryptfs.

“Sistem berkas eCryptfs tidak akan diperbarui, dan dianggap usang. Sebelumnya, eCryptfs tersedia sebagai Technology Preview.”

eCryptfs (Enterprise Cryptographic Filesystem) merupakan paket perangkat lunak enkripsi disk untuk GNU/Linux. eCryptfs tersedia sejak kernel Linux 2.6.19. Saat ini ia masih aktif dikembangkan oleh pengembang kernel dan masih dipakai Ubuntu untuk menyediakan fitur enkripsi direktori home.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top