Event

Realese Party Ubuntu Xenial Xerus di Yogyakarta, Bahas Keamanan Server dan Audit dengan COBIT

Hari ini Yogyakarta berhasil mengadakan release party Ubuntu 16.04 LTS “Xenial Xerus”. Acara ini diadakan oleh KSL (Kelompok Studi Linux) UPN “Veteran” Yogyakarta, yang mengundang Dedy Hariyadi (milisdad) dari Komunitas Ubuntu Indonesia dan Dewi Ciptaningrum dari Pemkot Yogyakarta sebagai pembicara.

Release party Xenial Xerus Yogyakarta

Brosur release party

Datang hampir pukul 08.00, dan setelah bertanya lokasi kepada salah satu panitia yang menunggu peserta Xenial Release Party (XRP) di pintu timur, saya langsung menuju ruang seminar. Saya adalah orang kedua yang mengisi daftar buku tamu dan masuk ke ruang seminar Nyi Ageng Serang Fakultas Pertanian (lantai 3) UPN “Veteran” Yogyakarta yang saat itu masih cukup sepi.

ruang

Ruang seminar yang masih sepi

Pembicara pertama, Dedy Hariyadi, menyampaikan beberapa poin penting mengenai keamanan Ubuntu Server termasuk tentang dua jenis keamanan; fisik dan non-fisik, bagaimana koneksi via kabel justru lebih aman dibanding koneksi nirkabel (wireless), dan beberapa konfigurasi serta perintah penting untuk mengamankan server, seperti SSH, procps, konfigurasi PHP, apache2, Apache ModSecurity, Apache ModEvasive, penggunaan rkhunter chrootkit, dan lain sebagainya.

Dedy Hariyadi

Dedy Hariyadi di XRP

Setelah itu giliran Dewi Ciptaningrum, staff Pemerintah Kota Yogyakarta yang mengulas audit keamanan informasi dengan COBIT. Sebelum membahas mengenai COBIT, beliau menyebutkan bahwa audit terbagi menjadi audit preventif (sebelum insiden) dan audit reaktif (setelah insiden), dan membahas apa saja tujuan-tujuan audit.

Dewi Ciptaningrum

Dewi Ciptaningrum di XRP

Acara pagi hari tadi termasuk memuaskan. Bagi para sysadmin server Ubuntu, materi yang disampaikan oleh Dedy Hariyadi tentu cukup bermanfaat serta bagi orang yang ingin berkecimpung di dunia perauditan, materi COBIT dari Dewi Ciptaningrum tentu menjadi materi pengenalan yang bagus walau sebenarnya materi COBIT sangat padat dan tidak bisa dijabarkan hanya dalam beberapa jam saja.

Sertifikat peserta XRP

Sertifikat peserta XRP


Oiya, hasil seminar dari kedua pembicara akan saya unggah nanti. Stay tune! 😉

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “Realese Party Ubuntu Xenial Xerus di Yogyakarta, Bahas Keamanan Server dan Audit dengan COBIT

    1. Siap kang, tergantung kecepatan inetnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top