Wayland

Pustaka Khusus untuk Desktop Wayland Hadir di Weston

WaylandSudah cukup lama ini, pengembang Weston sibuk mengembangkan libweston. Meperbaiki bug dan menambah fitur-fitur baru. Libweston merupakan pustaka yang mengimplementasikan komponen-komponen standar protokol Wayland serta fungsionalitas low-level yang memudahkan pengembang menulis compositor Wayland dengan fitur lengkap.

Fitur terbaru yang baru saja ditulis oleh pengembang adalah Libweston-Desktop. Pustaka ini memudahkan Wayland compositor mengelola lingkungan desktop, yang bekerja sama dengan XDG_Shell.

Kemarin Libweston-Desktop ini ditambahkan ke repositori Git Weston.

“libweston-desktop adalah pustaka abstraksi untuk compositor yang ingin mendukung shell desktop-like. API ini didesain dari fitur-fitur xdg_shell, karena pada akhirnya akan menjadi shell yang direkomendasikan untuk aplikasi modern. Di masa mendatang, penambahan dukungan protokol shell baru akan semakin mudah, karena ia terbatas di libweston-desktop.” Tulis Quentin Glidic.

Fitur ini diperkirakan akan dirilis di Wayland 1.12.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top