Open Source Software

Proyek Pengganti Mesin Gecko untuk Firefox, Quantum, Diumumkan

Servo

Servo

Mozilla mengumumkan kehadiran proyek baru: Quantum. Ia adalah mesin peramban untuk Firefox yang dibangun dengan Servo dan Rust.

Menggantikan Gecko dengan Quantum akan meningkatkan kinerja peramban Firefox, seperti yang dijelaskan oleh Mozilla:

“Quantum akan memengaruhi konkurensi fearless pada Rust dan memengaruhi komponen-komponen berperforma tinggi pada Servo untuk menyediakan paralelisasi dan offloading GPU yang lebih baik untuk Firefox.”

Quantum bisa disebut loncatan untuk segera menjadikan Servo dan Rust sebagai pondasi peramban Firefox.

“Servo adalah proyek penelitian dan belum memiliki fungsionalitas peramban web berfitur penuh seperti yang diharapkan pengguna. Dengan menggunakan pendekatan tambahan dan menggabungkan komponen-komponen Servo yang terbukti berjalan di Gecko, para pengguna tidak perlu menunggu lama untuk melihat peningkatan kestabilan dan performa Firefox,” ujar Mozilla.

Sekarang pengembang sedang sibuk membangun komponen-komponen Quantum, di antaranya rust-bindgen (generator binding C++ untuk bahasa Rust), Quantum CSS atau Stylo, Quantum Render, Quantum Compositor, Quantum DOM, dan Quantum Flow.

Peralihan besar dari Gecko ke Quantum akan dilakukan tahun 2017.

Penjelasan mengenai Quantum bisa disimak di laman wiki Mozilla.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top