Berita

Proyek Buku Kolaboratif Kedua dari GBLI Hadir: Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer

Grup Belajar LibreOffice Indonesia

Grup Belajar LibreOffice Indonesia

Masih ingat dengan proyek buku dari Grup Belajar LibreOffice Indonesia (GBLI) yang berjudul “Mari Mengenal LibreOffice”?

Proyek yang dikoordinasi oleh Taufik Hidayat tersebut merupakan proyek kolaboratif, yang mempersilakan para pengguna LibreOffice untuk menuangkan sebuah tulisan. Tulisan-tulisan tersebut dikumpulkan dan kemudian dirilis dengan lisensi CC BY-SA 3.0.

Ternyata proyek buku ini tidak berhenti begitu saja, hari ini, Taufik Hidayat meluncurkan proyek buku kedua dengan judul “Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer”.

“Tepat hari ini, proyek buku ‘Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer’ dimulai kembali, setelah sebelumnya sempat terhenti karena kendala teknis di laptop saya.” Ujar Taufik Hidayat melalui GBLI. “Hari ini, dengan bangga saya merilis softcopy buku ‘Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer’ kepada rekan-rekan yang ingin berkontribusi.”

Seperti judulnya, proyek ini lebih fokus di LibreOffice Writer daripada proyek sebelumnya yang cenderung umum. Pertimbangan untuk memilih LibreOffice Writer juga didasarkan dari antusiasme penulis di proyek pertama yang lebih banyak menulis tentang LibreOffice Writer.

“Proyek kedua ini lebih fokus ke LibreOffice Writer, soalnya saya lihat di proyek pertama, malah lebih banyak ide tentang LO Writer yang dituangkan di situ.” Ungkap Taufik melalui Telegram.

Taufik juga optimis, proyek “Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer” ini bisa menggaet lebih banyak penulis dan nanti sangat memungkinkan proyek ini diterbitkan dalam bentuk buku.

“Insya Allah mudah-mudahan bisa menjaring lebih banyak penulis yang mau berkontribusi. Dan Rencanaya buku ini hendak diterbitkan menjadi sebuah buku.”

Proyek buku kedua ini juga sebagai pelengkap proyek pertama, untuk menutupi kurangnya jumlah halaman yang kurang bila ia diterbitkan sebagai buku.

“Kemarin terkendala di jumlah halaman yang kurang. Makanya daripada proyek pertama saya ubah-ubah lagi, saya menerbitkan proyek kedua ini”

Bagi Anda yang ingin ikut menjadi penulis, Anda bisa bergabung di GBLI dan mengunduh berkas ODTnya atau bisa menghubungi Taufik Hidayat via Telegram.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top