Berita

Program Chat Tertua Dapatkan Pembaruan: IRCv3

IRCv3

IRCv3 (ircv3.net)

Sebelum aplikasi chatting modern (Whatsapp, Telegram, Slack, dsb) populer, kita sudah mempunyai Internet Relay Chat (IRC) sejak tahun 1988. Sedemikian tuanya, protokol untuk ber-chatting ini sepertinya tidak akan pernah mati. Memang, ia sudah jarang dipakai oleh pengguna kasual, tapi ia masih menjadi primadona di kalangan komunitas pengembang.

Kini, pengembang mulai memperbarui protokol ini dengan fungsi yang lebih kekinian, dan menjulukinya sebagai IRCv3.

IRCv3 membawa fitur-fitur baru, di antaranya,

  • Dukungan Simple Authentication and Security Layer (SASL) sebagai login akun standar. Fitur ini bisa mempercepat proses registrasi dan otentifikasi.
  • Penambahan informasi seputar akun pengguna. Di IRC, pengguna bisa login dengan beragam klien dan beragam server. Fitur baru ini akan menyediakan data tambahan yang bisa dipakai pengguna untuk lebih mudah teridentifikasi dan mempermudah mereka saat berpindah-pindah kanal atau sesi obrolan seperti chat pribadi.
  • Fitur metadata. Metadata bisa dipakai untuk menambahkan tags pada sebuah pesan.
  • Pembaruan notifikasi yang akan mengeluarkan pemberitahuan saat ada pengguna yang keluar dari kanal atau kembali ke kanal dengan lebih cepat.
  • Waktu terima pesan, yang meningkatkan keakuratan waktu penerimaan pesan hingga milidetik.
  • Pengelompokan pesan, yang bisa dipakai untuk melacak pesan yang berhubungan. Semacam thread pada mailist.

Beberapa fitur baru yang masih dikerjakan di antaranya standarisasi registrasi dan verifikasi akun, standarisasi pengenalan dan pengaksesan history chat, mekanisme untuk mengijinkan pengguna menggunakan koneksi aman, serta avatar.

IRCv3 digarap oleh IRCv3 Working Group, termasuk freenode, InspIRCd, IRCCloud, WeeChat, Nefarious IRCd, HexChat, Kiwi IRC, UnrealIRCD, mammon-ircd, dan ZNC.

Dengan pembaruan ini, IRC akan tetap jadi platform chat tua yang menarik. 😉

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top