Berita

Pengembang Hadirkan Status Pengembangan Btrfs yang Lebih Ringkas

BtrfsAkhirnya, pengembang menyediakan status pengembangan sistem berkas Btrfs yang lebih ringkas.

Kehadiran daftar ini mempermudah pengamat dan pengguna Btrfs untuk mengetahui fitur apa saja yang sedang dan sudah dibenamkan. Sangat bermanfaat, karena selama ini changelog peluncuran Btrfs cukup panjang dan untuk melihat fitur-fitur penting, pembaca harus mengamati changelog tersebut dengan teliti dan cermat, itu pun membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Di daftar status pengembangan Btrfs ini, terlihat bahwa fitur RAID56, Scrub + RAID56, dan free space tree di mesin big-endian seperti Sparc masih tidak stabil. Sedangkan fitur defrag dan kompresi sudah bisa dipakai walau masih ada sedikit masalah, mungkin akan segera stabil dan aman dipakai di Linux 4.8 atau 4.9 nanti. Fitur seperti seeding, penggantian device, balance, quotas, qgroups, out-of-band dedupe, dan file range cloning masih dalam status tidak begitu jelas.

Setelah melihat daftar status tersebut, apakah fitur-fitur yang Anda inginkan sudah ada di Btrfs? Bagaimana kesan Anda saat menggunakan Btrfs di Linux 4.7?

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top