Distro Fedora

Pengembang Diskusikan Perubahan Siklus Rilis Fedora, Satu Tahun Sekali

FedoraMatthew Miller, pimpinan proyek Fedora, mengulas statistik penggunaan Fedora 25 dan menyampaikan pendapat untuk mengubah siklus rilis Fedora menjadi satu tahun sekali, menggantikan siklus rilis dua tahun sekali.

Bicara seputar statistik. Matthew Miller menyertakan grafik penggunaan Fedora berdasarkan jumlah IP yang terkoneksi dengan jaringan mirror distro ini.

Terlihat bahwa penggunaan Fedora 25 naik cukup signifikan satu pekan setelah dirilis, hampir menyentuh angka 40.000. Bersamaan dengan itu, penggunaan Fedora 24 mulai turun. Grafik lain yang menarik adalah penggunaan Fedora cenderung naik di setiap rilisnya, sayang konsistensi ini tidak terjadi di Fedora 24. Pasca rilis Fedora 25, puncak penggunaan Fedora 24 mandek sebelum menyentuh angka 100.000, padahal Fedora 23 justru sudah menyentuh angka 100.000 lebih.

Inkonsistensi ini yang menjadi salah satu alasan untuk mengubah siklus rilis Fedora, sekali dalam setahun, yang akan memaksimalkan potensi setiap versinya. Menurut Matthew, setiap rilis baru akan memotong angka penggunaan versi sebelumnya, yang dirasa merugikan kerja pengembang sendiri.

Alasan lain untuk mengubah siklus rilis adalah memaksimalkan penggunaan pers/humas.

“Saya pikir kita tidak memaksimalkan pers dengan rilis dua-kali-setahun daripada saat kita hanya memiliki satu,” ujar Matthew.

Alasan terakhir adalah penggunaan metode inisiatif modularitas dan “generational core” yang, menurutnya, memberi kesempatan pengembang untuk berpikir ulang bagaimana keseluruhan sistem akan diluncurkan.

Usulan awal, Fedora Workstation dan Server versi baru akan dirilis setiap bulan Juni (atau November, Desember) dengan tetap memperbarui Generational Core dan kernel tiga bulan sekali. Fedora Atomic (Cloud) akan mendapatkan pembaruan sebagai rolling release, dua pekan sekali. Sedangkan Fedora Spins diperboleh memiliki proses dan tanggal rilis yang berbeda.

Anda bisa mengikuti diskusi para pengembang Fedora seputar hal ini di mailing list Fedora Devel.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top