Berita

Penemu Diffie-Hellman Key Mendapatkan Penghargaan dari ACM

Diffie-Hellman

Martin Hellman dan Whittfield Diffie

Kemarin, Association for Computing Machinery (ACM), organisasi terkemuka yang berkecimpung di dunia ilmu komputer, memberikan penghargaan tahunan kepada dua orang ahli kriptografi yang juga pengembang Diffie-Hellman key. Whittfield Diffie dan Martin Hellman mendapatkan hadiah sebanyak 1 juta dollar Amerika.

Diffie-Hellman key yang papernya ditulis pada tahun 1976, merupakan ide pertama di balik kriptografi public-key. Kriptografi asimetris ini mengijinkan dua key (public dan private) bekerja sama. Public-key bisa dibagikan, sedangkan private-key disimpan sendiri, sehingga mengurangi dampak terbobolnya data karena key yang sama. Kriptografi ini mendasari kriptografi modern lainnya, termasuk PGP, TLS, dan lain sebagainya.

“Hari ini (Selasa), subyek mengenai enkripsi mendominasi media, dipandang sebagai persoalan keamanan nasional, yang mempengaruhi hubungan sektor privasi pemerintahan, dan menarik perhatian triliun dollar dalam pengembangan dan risetnya.” ujar Alexander L. Walf, presiden ACM. “Di tahun 1976, Diffie dan Hellman mengimajinasikan masa depan di mana orang-orang berkomunikasi melalui jaringan elektronik dan rentan terhadap pencurian dan penggantian data. Sekarang, setelah hampir 40 tahun, kita lihat bahwa prediksi mereka terjadi.”

Tahun 2015 lalu, ACM memberikan penghargaan kepada CSO Sun Microsystem dan seorang profesor dari Stanford University.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top