Arch

Pacman 5.0.0 Dirilis, Banyak Fitur Baru yang Menakjubkan

ArchLinuxKabar bagus untuk pengguna ArchLinux. Distro rolling release paling populer ini akhirnya mendapatkan manajer paket Pacman versi 5.0.0.

Hingga kabar ini ditulis, pengembang belum menuliskan berita peluncuran di situs archlinux.org, tapi kita bisa menemukannya di laman projects ArchLinux.

Ada banyak fitur baru yang dibawa Pacman 5.0.0, termasuk kemampuan menyinkronkan dan membaca database .files dengan perintah -Fy dan melakukan pencarian paket di repositori sync dengan -Fs dan -Fo.

Kemampuan memeriksa validitas database lokal dan sync dengan -Dk dan -Dkk, fitur ini menggantikan ‘testdb’. Dalam laporannya, ‘testdb’ sebenarnya sudah mencukupi, tapi sayang ia tidak memiliki halaman “man”. Dan pengembang tertarik untuk memasukkan fungsi ‘testdb’ ke pacman.

Pacman 5.0.0 juga mampu mencocokkan versi paket yang baru saja diunduh dengan versi paket yang ada di basis data (database) resmi. Fitur ini hadir karena dengan hanya mengganti “server” di mirrorlist, seorang peretas bisa mengacaukan paket pengguna sesuka hati.

Selain itu, Pacman terbaru juga menghapus dukungan file “.pacorig”, memperbarui basis data (database) yang korup, dan sebagainya.

Untuk para pemelihara paket, makepkg mampu menangani source bazaar dengan lebih baik, memperbaiki paket sumber dengan set SRCPKGDIR, opsi untuk mengompres gambar png dengan optipng, dan lainnya.

Fitur baru lain yang tak kalah menarik bisa ditemukan juga di makepkg-template dengan testsuite nya, basis data (database) .files, opsi -q atau –quiet di paccache, dan lainnya.

Daftar perbaikan dan fitur baru Pacman 5.0.0 bisa ditemukan di laman ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top