Berita

[oSAS2016] Program JogjaCBT, Sistem Ujian Akhir Berbasis Daring di Yogyakarta

openSUSE.Asia Summit 2016Di openSUSE.Asia Summit 2016 hari pertama, Eko Priyo Triasmoro a.k.a maspenyo membahas penggunaan openSUSE Leap di tryout Ujian Akhir di Yogyakarta. Proyek ini disebut sebagai JogjaCBT yang memanfaatkan openSUSE Leap 42.1, Moodle LMS 3.0 — perangkat lunak bebas dan open-source untuk e-learning — dan VirtualBox.

Sistem ujian akhir berbasis daring dikomandoi oleh Kemendikbud pada tahun 2015 dan Yogyakarta adalah salah satu daerah yang menyelenggarakannya pertama kali. Saat itu, program ini diterapkan di 36 SMK dan 1 SMA.

Infrastrukturnya “cukup sederhana” yakni 1 laboratorium dengan 40 komputer client dan 1 server. Koneksi internet hanya diperlukan untuk mengunggah ujian yang dikerjakan pelajar ke server tersebut.

Pengelola proyek ini adalah Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kejuruan Kota Jogjakarta yang terdiri dari sang pembicara dari SMK 1 Muhammadiyah Yogyakarta, M. Badriatul Anam dari SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta, Fajar Kurniawan dari SMK Negeri 5 Yogyakarta, dan guru-guru yang terlibat pembuatan soal.

Kini, JogjaCBT sudah menyentuh generasi 2. Para pengelola proyek pun sedang sibuk mengembangan JogjaCBT generasi 3.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top