Distro OpenMandriva

OpenMandriva Lx 3.0 Diluncurkan, Dukung Perangkat SSD dengan F2FS

OpenMandriva

OpenMandriva Lx 3.0 (blog.openmandriva.org)

Distro GNU/Linux turunan Mandriva (dulu Mandrake) — OpenMandriva Lx 3.0 — akhirnya diluncurkan.

Hari Sabtu siang waktu setempat pengembang menyampaikan, “Berita menakjubkan datang dari Komunitas OpenMandriva! Tidak lama setelah RC1 dengan bangga kami mengumumkan rilis final OpenMandriva Lx 3.0.”

OpenMandriva Lx 3.0 membawa hal-hal penting sejak versi kandidat rilis, termasuk dukungan i586, pembaruan pada Calamares, perbaikan bug pada GnuPG, penurunan delay saat boot, dan pembenahan masalah plugin Firefox.

Distro ini merupakan distro dengan desktop environment default KDE Plasma. Di versi 3.0 ini, KDE Plasma diperbarui ke versi 5.6.5, begitu juga dengan KDE Frameworks dan KDE Apps yang diperbarui ke versi 5.24.0 dan 16.04.3.

Bukan berarti, pengguna OpenMandriva Lx 3.0 tidak bisa memakai desktop lain, distro ini justru menyediakan desktop LXQt untuk perangkat berspesifikasi rendah. Di masa mendatang, pengembang akan menyediakan versi OpenMandriva dengan LXQt serta desktop Hawaii untuk lingkungan Wayland sebagai desktop default.

“Terakhir berita utama untuk masa mendatang. Kami akan membuat rilis desktop ringan. Satu menggunakan LXQt untuk mesin lawas dan bersumber daya terbatas dan satu untuk mesin modern namun ringan dengan desktop Hawaii yang dikombinasikan dengan server grafik Wayland.” Ungkap rugyada.

Fitur-fitur utama OpenMandriva Lx 3.0

OpenMandriva Lx 3.0 menggunakan kernel Linux 4.6.5 dengan sistem init dan pengelola servis systemd 231. Serta Xorg 1.18.3 dan Mesa 12.0.1. Implementasi F2FS sebagai sistem berkas SSD juga bisa ditemukan di sini.

Distro ini menyediakan pilihan launcher aplikasi; Kickoff dan Kicker.

Aplikasi ucapan selamat, oma-welcome, tidak akan lagi membutuhkan dependensi yang besar, karena ia ditulis ulang dengan C++ bukan lagi Python.

Anda bisa mengunduh OpenMandriva di situs resmi OpenMandriva.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top