Distro NixOS

NixOS 16.09 “Flounder” Dirilis, Dukung PXE dan Flag Baru untuk Hardening Paket

NixOSDistro dengan manajer paket Nix, NixOS 16.09, baru saja dirilis. Versi ini merupakan rilis stabil kelima dengan nama kode “Flounder”.

“NixOS 16.09 ‘Flounder’ telah diluncurkan, branch rilis stabil ke lima.” Kata pengembang melalui situs nixos.org.

NixOS 16.09 ini lebih menghemat ruang disk dibanding versi sebelumnya, khususnya pada konfigurasi NixOS dan paket Nix. Penurunan ukuran berkas pun sangat signifikan, bahkan lebih dari 50 persen. Seperti container NixOS yang berukuran sekitar 424 MB menjadi 212 MB, dan Firefox dari 651 MB menjadi 259 MB.

Peningkatan keamanan juga dilakukan dengan cara hardening paket. Beberapa flag kompilasi dikenalkan di versi ini, di antaranya fortify, pie, stackprotector, strictoverflow, pic, relro, format, dan bindnow. Selain itu, NixOS 16.09 mulai mendukung PXE (Preboot eXecution Environment) netboot. Fitur ini mengijinkan pengguna mem-boot NixOS 16.09 via jaringan.

Beberapa pembaruan paket bisa ditemukan di Xorg server 1.18, glibc 2.24, GCC 5.4.0, dan systemd 231, dan kernel Linux 4.4.

Untuk melihat changelog lengkap, Anda bisa membacanya di laman ini dan mengunduhnya di laman nixos.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top