Berita

Nif Kurniawan Rilis Situs Alldeb.net, Situs yang Didedikasikan untuk Perkakas Alldeb

Alldeb.net

Situs Alldeb.net

Nifa Dwi Kurniawan, pengembang perkakas alldeb yang mengijinkan pengguna Ubuntu menginstal aplikasi secara luring (offline), meluncurkan situs Alldeb.net, situs yang didedikasikan untuk perkakas tersebut.

“Alldeb adalah sebuah metode yang membantu Anda untuk menginstall aplikasi di Ubuntu secara single-file (1 file installer untuk 1 aplikasi) tanpa dependensi tambahan pada saat proses instalasi. Kurang lebih seperti .exe pada Windows,” tulis Nif Kurniawan, panggilan pengembang, di situs Alldeb.net.

Situs Alldeb.net menyediakan informasi lengkap mengenai alldeb, seperti cara kerja alldeb, bagaimana membuat dan menginstal berkas alldeb dengan Alldeb Manager.

Situs ini juga menyediakan perkakas Alldeb Webmaker. Dengan Alldeb Webmaker, Anda bisa membuat paket alldeb di alldeb.net/autopilot/webmaker. Anda bisa memasukkan nama aplikasi yang ingin dibuat alldeb, memilih distro tujuan (Ubuntu Desktop, Ubuntu Server, Xubuntu, maupun turunan-turunannya), lalu memilih arsitekturnya (amd64 atau i386).

Alldeb Webmaker

Alldeb Webmaker


Selain itu, Alldeb Webmaker juga bisa memeriksa keaslian berkas dengan mencocokkan hash MD5 berkas paket alldeb dengan log alldeb.

Alldeb sangat membantu pengguna Ubuntu dan turunannya. Karena, mereka bisa menginstal paket secara luring maupun membagi-bagikan paket alldeb mereka ke orang lain layaknya berkas .exe.

Jadi, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alldeb, kunjungi Alldeb.net.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

6 comments on “Nif Kurniawan Rilis Situs Alldeb.net, Situs yang Didedikasikan untuk Perkakas Alldeb

  1. anan234 says:

    satu lagi inovasi dari anak negeri untuk dunia open source

  2. Sucipto says:

    Mantab, ada fitur webmakernya juga

  3. Nif Kurniawan says:

    Terima kasih atas ulasannya, om Ramdziana 🙂

    1. Wah, mas Nif sampai sini, hehe

      Sama-sama mas Nif 😀

  4. Romy Romaldus says:

    Ini seperti suse studio kah?

    1. Beda pak. Ini seperti berkas .exe Windows, di mana aplikasi utama yang akan diinstal dibundel dengan dependensi-dependensinya dalam berkas arsip. Dan jadilah berkas alldeb.

      Kalau mau tahu lebih dalam lebih baik kunjung alldeb.net pak, atau ngobrol langsung dengan pengembangnya, mas @nif_kurniawan:disqus 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top