Distro

NayuOS, Alternatif ChromeOS Tanpa Login Google

NayuOSAda banyak sistem operasi alternatif Chrome OS, misalnya Cub Linux (dulu Chromixium). Tapi ini ada satu lagi yang masuk sebagai kandidatnya, yakni NayuOS. NayuOS merupakan sistem operasi berbasis Chrome OS, dengan isi sistem yang masih sama, hanya beberapa aplikasi default dan pengaturan saja yang diubah.

Seperti induknya, NayuOS merilis berkas imagenya untuk perangkat-perangkat yang berbeda. Itulah alasan mengapa kinerja Chromebooks selalu sesuai harapan di perangkat manapun, berbeda dengan distro Linux biasa yang tak selalu stabil antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Nexedi, pengembang NayuOS bermaksud membuat Chromebooks yang lebih mudah dikustom, aman, dan melindungi privasi pengguna. Dan tentunya free: bebas dan gratis.

“Chromebooks relatif murah di mesin-mesin spesifik yang dijual oleh pabrik laptop hasil kerjasama dengan Google. Mereka menjalankan sistem operasi spesifik yang dijuluki ChromeOS. Di mode non-developer sistem operasi ini menyediakan peramban Chrome dan cukup banyak yang lain! Mode developer tidak bloat. Ada shell dengan perangkat lunak berguna (python2, ssh, tcpdump, ..) yang sudah terinstall,” tulis pengembang.

Hingga saat ini, perbedaan antara ChromeOS dan NayuOS ada pada daemon SSH yang dinonaktifkan secara default, penambahan git, penghapusan fitur login Google, penambahan konektivitas re6st, Zeroconf untuk mengonfigurasi firewall, dan fitur kustomisasi sistem berkas (file system).

NayuOS sudah menyediakan image untuk Acer C910 Chromebook 15, Toshiba Chromebook, Lenovo Chromebook N20, Dell Chromebook 13, ASUS Chromebook C300, Acer C720 Chromebook, Chromebook Pixel 2015, dan Toshiba Chromebook 2.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top