Distro Ubuntu

Nama Kode Ubuntu 17.04 Diumumkan: Zesty Zapus

Setelah merilis Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak”, Mark Shuttleworth mengumumkan nama kode versi Ubuntu selanjutnya, Ubuntu 17.04.

Dalam sejarah Ubuntu, sistem operasi ini selalu menggunakan susunan abjad untuk membentuk nama kode. Nama kode Ubuntu mulai runut sejak peluncuran Ubuntu 5.10 “Breezy Badger”, sebelum itu, dua rilis awal justru menggunakan “W” (Ubuntu 4.10 “Warty Warthog”) dan “H” (Ubuntu 5.10 “Hoary Hedgehog”).

Dua suku kata dalam nama kode pasti saling melengkapi. Kata pertama berupa kata sifat dan kata kedua berupa nama hewan.

Zapus

Zapus hudsonius preblei


Merunut abjad, setelah “Y” dalam “Yakkety Yak” adalah “Z” dan hari ini Mark Shuttleworth resmi mempublikasikan nama kode “Zesty Zapus” untuk Ubuntu 17.04.

“.. rilis selanjutnya yang berupa Ubuntu 17.04, diberi nama kode ‘Zesty Zapus’.” Kata Mark melalui blognya.

Zesty adalah kata sifat yang berarti mengasyikkan sedangkan Zapus adalah hewan sejenis tikus yang hidup di Amerika Utara.

Mark: Terima kasih semuanya!

Bersamaan dengan pengumuman ini, Mark berterima kasih kepada siapapun atas tekadnya membangun Ubuntu yang lebih baik.

“Di saat kita akan menuju akhir alfabet, saya ingin berterima kasih kepada semua yang membuat hal ini menyenangkan. Tekad dan fokus dan intelektual Anda, dan sesekali perbedaan tajam Anda, semua menumbuhkan kehormatan sebagai bagian dari pemersatuan tubuh ini.” Ujar Mark. “Sekarang, Ubuntu bergerak lebih cepat ke pusat operasi cloud dan edge. Dari AWS ke perangkat baru zaniest, Ubuntu membantu banyak orang untuk menyelesaikan apapun dengan cepat, bersih, dan lebih efisien, terima kasih.”

Hingga pengumuman ini, belum ada kabar apakah nama kode setelahnya kembali ke “A” atau memakai pola baru. Bagaimana menurut Anda?

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top