Free Software

MAME, Emulator Game Arcade, Telah Dirilis dengan Lisensi GPL

MAMEMAME (Multiple Arcade Machine Emulator), emulator untuk membangun lingkungan sistem game arcade di komputer modern, baru saja menjadi proyek FOSS (Free Open Source Software).

“Setelah 19 tahun, akhirnya MAME hadir di bawah naungan OSI dan lisensi yang disetujui oleh FSF! Terimakasih kepada semua kontributor yang membantu proses ini dengan lancar!” Tulis pengembang MAME.

Sebelumnya, MAME memang sudah menggunakan lisensi free software, tapi masih bersifat non-copyleft karena melarang pendistribusian ulang program ini secara komersil. Sekarang, hampir seluruh proyek MAME sudah menggunakan GPLv2 ke atas, walaupun 90 persen berkas corenya menggunakan lisensi 3-Clause BSD.

Lisensi GPLv2 ke atas bersifat copyleft dan salah satu pengaruhnya adalah orang-orang boleh mendistribuskan MAME ke dalam sistem mereka serta boleh mendapatkan keuntungan (dalam arti uang) darinya.

Transisi ini sudah dimulai sejak Mei 2015 dan selesai di awal bulan Maret 2016 ini.

Miodrag Milanovic, pengembang MAME, menjelaskan bahwa perubahan lisensi ini untuk menarik makin banyak pengembang, mengijinkan pabrikan game memakai MAME untuk mengemulasikan game-game mereka, dan menjadikan perangkat lunak ini alat pembelajaran bagi orang-orang yang bekerja di ranah pengembangan perangkat lunak.

Anda bisa mengunduh source code MAME di laman ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top