Distro Mageia

Mageia Akan Gunakan DNF Sebagai Alternatif Urpmi

DNF

DNF di Fedora 22 (Thomei08/CC)

Awal bulan ini, Mageia mulai bergabung dengan keluarga sistem operasi pengguna DNF — Dandified Yum, penerus manajer paket Yum (Yellowdog Updater, Modified).

“DNF akan tersedia bagi pengguna yang menginginkannya, bagaimanapun, urpmi dan perkakas manajemen perangkat lunak Mageia yang familiar hari ini masih akan tetap menjadi perkakas default Mageia di masa mendatang.” Ujar Schultz melalui blog Mageia

Seperti yang dikatakan oleh Schultz, DNF tidak akan menggantikan urpmi. Dandified Yum ini hanya akan menjadi manajer paket alternatif.

Menyusul penggunaan DNF, Mageia juga akan menyediakan repositori non-resmi COPR, sehingga pengguna bisa membuat repositori sendiri dan menginstal aplikasi dari repositori miliknya atau repositori pengguna lain.

“Sebagai tambahan, kami bekerja dengan pengembang dari Fedora COPR (sistem yang mirip seperti PPA yang dikembangkan dan disediakan oleh teman kami di proyek Fedora) untuk menjadikan Mageia 6 dan Cauldron sebagai distribusi Linux yang didukung (oleh COPR -red).” Kata Schultz. “.. Saat dukungan terhadap Mageia sudah diaktifkan di Fedora COPR, menambahkan repositori akan menjadi hal mudah dengan ‘dnf copr enable’.”

Menurut pengembang Mageia, DNF mempunyai performa yang lebih baik, karena ia dikembangkan dengan libsolv (SAT Solver dari openSUSE) — solver dependensi yang dipakai Zypper yang mempunyai kinerja sangat baik.

Keputusan yang bijak. Dengan DNF, Mageia menjadi distro yang kompatibel dengan Fedora dan openSUSE, serta mendukung perkakas seperti Spacewalk dan Katello.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top