Berita

MacBook Pro 2016 Berpotensi Tidak Kompatibel dengan GNU/Linux

MacBook Pro 2015 (Valentin.mueller)

MacBook Pro 2015 (Valentin.mueller)

Setelah kejadian Lenovo yang menolak instalasi GNU/Linux (yang sudah mereka perbaiki beberapa waktu kemudian), salah satu pengguna GNU/Linux melaporkan bahwa laptop MacBook Pro berpotensi tidak kompatibel dengan GNU/Linux melalui pos berjudul Peringatan: MacBook Pro 2016 Tidak Kompatibel dengan Linux di Reddit.

Warning: 2016 MacBook Pro is not compatible with Linux from Ubuntu

Beberapa masalah kompatibilitas yang dimaksud adalah penggunaan perangkat input MacBook Pro 2016 di SPI alih-alih USB, walaupun masalah ini sebenarnya sudah ditemukan di MacBook versi lawas (lihat tautan ini dan tautan ini).

Masalah lainnya, perangkat keras NVMe pada laptop ini menggunakan PCI class ID yang salah, yang tidak mengijinkan ia diboot sebagai boot drive.

Ketidakkompatibelan MacBook Pro dengan GNU/Linux sudah bisa dipastikan, karena sistem operasi Windows bisa berjalan dengan sangat baik di laptop keluaran Apple ini.

Di dalam diskusi Hacker News, banyak pengguna yakin, Apple memang sengaja pergi ke ranah proprietari/vendor lock-in, mengingat mereka menggunakan SPI dibanding USB yang sudah menjadi standar di dunia teknologi.

Selama ini, untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan Apple dengan MacBook nya, pegiat GNU/Linux melakukan reverse engineering pada driver yang dianggap bermasalah. Namun, untuk kali ini, para pegiat sepertinya harus menunggu perbaikan resmi dari pengembang kernel terlebih dahulu.

Bagi yang ingin ikut berdiskusi bisa mengunjungi threadnya di Reddit dan Hacker News.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top