Distro Linux Mint

(Update) Linux Mint 18.1 “Serena” Cinnamon dan MATE Diluncurkan

Linux Mint

Linux Mint 18.1 MATE

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Linux Mint 18.1 “Serena” diluncurkan pada bulan Desember 2016, tepatnya kemarin Jumat 16 Desember 2016. Di peluncurannya, Linux Mint 18.1 “Serena” menyedia dua edisi utama, edisi desktop environment Cinnamon dan MATE.

Garis besarnya, Linux Mint 18.1 dibangun dengan Ubuntu 16.04 dan menggunakan kernel Linux 4.4. Serta pembaruan aplikasi Xed dengan search bar baru, pembaruan Xplayer, dan pembaruan komponen X-Apps, termasuk Xviewer, Xreader, dan Libxapp. Tak ketinggalan ada pembaruan pada display manager MDM.

Linux Mint 18.1 “Serena” akan menjadi seri LTS (Long Term Support) yang akan didukung hingga tahun 2021. Sampai tahun 2018 nanti, pengembang akan fokus mengerjakan Linux Mint dengan paket berbasis Linux Mint 18, ini pun akan mempermudah pengguna yang ingin memutakhirkan sistem dari versi satu ke versi lainnya.

Linux Mint 18.1 Cinnamon

Linux Mint 18.1 mendapatkan Cinnamon 3.2 dengan pembaruan screensaver yang lebih interaktif dan responsif. Ia mampu menampilkan slideshow di latar belakangnya, menampilkan penggunaan baterai, dan menampilkan tombol pengontrol musik.

Selain itu, beberapa fitur yang sempat dimatikan di versi sebelumnya diaktifkan di versi ini, seperti animasi cross-fade saat penggantian background dan efek fade pada daftar aplikasi di menu utama.

Fitur baru lainnya seperti kemampuan untuk menampilkan suara di notifikasi popup serta peningkatan dukungan iio-sensor-proxy dan libinput.

Linux Mint 18.1 MATE

Linux Mint 18.1 edisi ini hadir dengan desktop environment MATE 1.16 yang membawa pembaruan pada daemon notifikasi, pustaka MATE policykit, session manager, serta MATE terminal. Di bagian menu aplikasi MintMenu, mesin pencari Google CSE digantikan oleh DuckDuckGo.

Anda bisa mengunduh berkas ISO Linux Mint 18.1 di linuxmint.com atau di laman unduh Kabar Linux.

(Update) Cara upgrade ke Linux Mint 18.1

Memutakhirkan Linux Mint 18 “Sarah” Anda ke Linux Mint 18.1 “Serena” sangat mudah. Silakan buka aplikasi Update Manager lalu klik tombol Refresh. Jika Ada info seputar pembaruan paket dari kotak dialog, silakan klik Apply.

Jalankan System Upgrade dengan cara memilih menu Edit → Upgrade to Linux Mint 18.1 Serena. Lalu silakan ikuti proses upgrade hingga selesai.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “(Update) Linux Mint 18.1 “Serena” Cinnamon dan MATE Diluncurkan

  1. anan234 says:

    mungkin bisa dibuat artikel cara upgrade nya gan

    1. Karena saya gak pakai Linux Mint, jadi belum tahu pasti tata cara upgrade-nya. Tapi, biasanya beberapa hari pasca pengumuman, akan ada artikel baru mengenai hal ini dari pengembang. Kalau sudah ada, nanti kabar ini akan saya perbarui.

      Terima kasih sarannya. 🙂

      1. anan234 says:

        sip sip thx, ini ada update artikel terbaru di blog linux mint ttg cara upgrade ke serena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top