Berita

Linus Torvalds Ungkapkan Laptop Favoritnya

Dell XPS 13

Dell XPS 13 Developer Edition (techspot.com)

Apa laptop favorit untuk sistem operasi GNU/Linux Anda? Thinkpad? ASUS? Dell? Acer? Atau yang lain? Bagaimana dengan Linus Torvalds?

Steven J. Vaughen-Nichols (SJVN) dari ZDnet baru saja mewancarai beberapa programmer kernel Linux mengenai laptop favorit mereka. Tak dinyana, melalui tulisan di Google+, Linus Torvalds mengungkapkan laptop favoritnya.

Dari segala merek laptop, Linus Torvalds ternyata memfavoritkan laptop Dell XPS 13 Developer Edition, laptop anyar yang dirilis di tahun ini.

“Pertama: saya tidak menggunakan laptop sebagai pengganti desktop, dan saya hanya datang ke beberapa acara setiap tahun. Jadi untuk saya, laptop adalah perangkat yang tidak digunakan sehari-hari (bahkan berminggu-minggu), jadi kriteria utamanya bukan ‘penggunaan sehari-hari’, tapi ‘untuk perjalanan'”. Ungkap Linus Torvalds via akun Google+.

“Saya banyak peduli tentang hal itu (laptop -red) yang telah menjadi perangkat yang kecil dan ringan, karena saya sering membawanya sepanjang hari saat konferensi. Saya juga menginginkan layar yang bagus, karena sekarang saya menggunakannya di desktop utama, dan saya ingin teksnya tetap terbaca tapi kecil.”

Dell XPS 13 Developer Edition mempunyai layar 13,3 inchi dengan resolusi 3200×1800, 60 kali lebih besar dibanding MacBook Pro ber-Retina. Sehingga menurut Torvalds, pengaturan default desktop environment yang ia pakai (GNOME) tidak cocok dipakai di layar milikinya. Setiap kali ia bekerja dengan laptop, ia harus mengatur faktor skala GNOME ke angka 1.

Dengan laptop ini, Linus Torvalds selalu mengompil kernel setiap kali pull request, seperti ketika dia memakai PC desktop di rumah.

Ngomongngomong, ini dia. Sejauh ini XPS13 terlihat sebagai mesin yang sangat solid, selama Anda bisa mendapatkan modul nirkabel Intel (dan sepertinya generasi selanjutnya akan memiliki perangkat nirkabel default yang bagus).” Tutup Torvalds.

Jadi, apa laptop favorit Anda?

Untuk saat ini, laptop favorit penulis adalah MSI CR41. Dukungannya terhadap sistem operasi GNU/Linux cukup bagus. 😉

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top