Free Software Open Source Software

Lima Perangkat Lunak Pengolah Gambar Open Source

Di mana-mana pengolahan gambar secara digital sering dikaitkan dengan perangkat lunak closed source dan propietari buatan Adobe dan Corel, padahal banyak perangkat lunak open source bebas/merdeka yang bisa dipakai baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk industri/profesional.

Berikut beberapa perangkat lunak pengolah gambar open source dan bebas/merdeka yang bisa kami kumpulkan.

1. GIMP

GIMP

GIMP 2.9.4 versi pengembangan (Aryeom Han)


GIMP (GNU Image Manipulation Program) merupakan editor grafik yang difungsikan untuk mengelola gambar berjenis bitmap.

GIMP mendukung beragam format gambar termasuk BMP, JPEG/JPG, PNG, GIF, TIFF, FLI/FLC (berkas dari Autodesk), format gambar dari Corel PaintShop Pro, PSD, ICO, PostScript, XBM, XWD, PCX, dan lain-lain. GIMP sendiri memiliki format asli XCF (eXperimental Computing Facility).

GIMP bisa dikustom sedemikian rupa dengan plugin. Ia juga menyediakan macros yang disebut sebagai Script-Fu. Pengguna bisa mencari pluginplugin dan Script-Fu untuk memudahkan pekerjaan di situs gimpscripts.com.

Fitur lain yang menarik adalah kemampuan GIMP untuk memuat dan menyimpan gambar dari lokasi remot menggunakan protokol FTP, HTTP, SMB, maupun SFTP/SSH.

Perangkat lunak pengolah grafik ini merupakan perangkat lunak lintas platform (cross-platform) yang tersedia untuk GNU/Linux, FreeBSD, macOS, Sun OpenSolaris, dan Windows.

Situs: http://www.gimp.org

2. Inkscape

Inkscape

Inkscape 0.48 (Ramón Retamar)


Berbeda dari GIMP, Inkscape adalah perangkat lunak pengolah vektor layaknya CorelDRAW dari Corel.

Format berkas asli Inkscape adalah SVG (Scalable Vector Grapchics), namun ia tetap mendukung berkas AI (Adobe Illustrator), CDR (CorelDRAW), VSD (Microsoft Visio Drawing), PDF, format bitmap JPEG, PNG, GIF, BMP, dll.

Layaknya GIMP, pengguna juga bisa menambah fungsi Inkscape dengan addons atau extension yang disediakan pengguna Inkscape lain.

Situs: http://inkscape.org

3. sK1

sK1

sK1 (sk1project.com)


Produk perangkat lunak pengolah vektor lain selain Inkscape adalah sK1. Bedanya, sK1 lebih difokuskan untuk industri percetakan dan penerbitan dengan format PostScript dan PDF.

sK1 mendukung CMYK di PostScript, CMYK colorspace, fitur pengelola warna, fitur pengimpor format berkas CDR, dll.

Mungkin sK1 belumlah menjadi perangkat lunak yang kaya fitur, namun aktivitas pengembangan perangkat lunak ini cukup cepat.

Situs: http://sk1project.net

4. Krita

Krita

Krita 2.8 (Deevad)


Krita termasuk dalam perangkat lunak pengolah bitmap. Dibandingkan dengan GIMP, pengembang Krita menjadikan perangkat lunak ini sebagai aplikasi digital painting (bukan berarti GIMP tidak bisa dijadikan aplikasi digital painting).

Krita menyediakan lingkungan untuk menggambar sketsa, seni konsep (concept art), tekstur, membuat komik, dan untuk membuat seni digital lainnya.

Perangkat lunak ini hampir mendukung semua format gambar bitmap seperti PNG, PGM, PBM, JPEG, JPEG-2000, PSD, TIFF, WEBP, bahkan berkas RAW kamera, XCF, dokumen OpenRaster, dan lain sebagainya.

Situs: https://krita.org

5. MyPaint

MyPaint

MyPaint 0.6 (mypaint.org)


Bagi penggemar pengolah bitmap (raster) sederhana seperti MS Paint, MyPaint bisa menjadi pilihan. Perangkat lunak ini menamakan diri sendiri sebagai program sederhana untuk menggambar dan mewarnai.

MyPaint mendukung perangkat tablet seperti Wacom dengan fitur yang bisa dikonfigurasi, terutama pada fitur brush engine, kecepatan, dan fullscreen.

Situs: http://mypaint.org

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Lima Perangkat Lunak Pengolah Gambar Open Source

  1. uciha says:

    bang, yang sk1project linknya jadi bahasa rusia dan kyknya udah ganti kepemilikan site kah ?

    1. Sekarang dialihkan ke dot net ternyata, maaf mas, sudah saya ganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top