Berita

LibreOffice Umumkan Antarmuka MUFFIN untuk LibreOffice 5.3

LibreOffice

Macam-macam antarmuka LibreOffice; Standard Toolbar, Single Toolbar, Sidebar dengan Single Toolbar, NotebookBar (dari atas)

Kabar Linux mendapatkan kabar menarik dari The Document Foundation via posel (pos elektronik/email), bahwa mereka membangun konsep antarmuka MUFFIN untuk perangkat lunak perkantoran LibreOffice.

“Foundation mengumumkan MUFFIN, konsep antarmuka pengguna rasa baru untuk LibreOffice, hasil penggabungan usaha dari tim pengembangan dan tim desain, yang didukung oleh tim pemasaran (marketing),” tulis Italo Vignoli, tim humas The Document Foundation.

MUFFIN diambil dari kalimat “My User Friendly & Flexible INterface” yang mengimplementasikan konsep: pengguna dapat mengubah antarmuka LibreOffice sesuka hati dan sesuai dengan resolusi layar tanpa mengurangi kemudahan penggunaan (user friendly).

Konsep MUFFIN ini diterapkan dari gabungan antara antarmuka default (antarmuka dengan toolbar pada umumnya), antarmuka Single Toolbar, antarmuka Sidebar dengan Single Toolbar, serta antarmuka NotebookBar.

Tim desain LibreOffice menjelaskan secara panjang lebar mengenai MUFFIN di blog LibreOffice Design Team. Pengguna akan segera menikmati antarmuka LibreOffice baru di LibreOffice 5.3 yang versi finalnya akan dirilis di bulan Januari 2017.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top