Berita

Libreboot Lepaskan Diri dari GNU, FSF dan RMS Menanggapi

LibrebootBaru bulan Mei lalu, Libreboot masuk ke Proyek GNU, sekarang mereka justru telah melepaskan diri dari proyek berlogo kepala gnu itu.

Leah Rowe, pendiri proyek Libreboot, merasa kesal karena FSF (Free Software Foundation) telah memecat karyawan transgendernya.

“Saya mendeklarasikannya di sini dan sekarang ke seluruh dunia bahwa Libreboot bukan lagi bagian proyek GNU. Saya tak percaya FSF atau proyek GNU layak untuk eksis.” Tulis Leah pada tanggal 16 September. “Tolong hapus libreboot dari infrastruktur maling list GNU, dan kepada admin GNU Savannah tolong hapus akun ‘lr’. Saya pemilik libreboot.org dan saya memiliki kemampuan untuk membuat mailing list sendiri untuk proyek libreboot. Saya tak menginginkan mailing list GNU/nonGNU lagi.”

Mengenai hal ini, Richard M. Stallman (RMS), presiden FSF dan GNU, menanggapi,

“Pemecatan seorang staf bukanlah karena gendernya. Gendernya sekarang sama dengan saat dia diterima (FSF). Hal ini bukanlah sebuah masalah, baik dulu maupun sekarang.” Kata RMS.

Begitu juga dengan FSF yang diwakili oleh John Sullivan. FSF membantah diskriminasi lah yang menyebabkan karyawannya dipecat.

“Ini merupakan bagian dari pekerjaan kami untuk merayakan dan meningkatkan keragaman di dunia perangkat lunak bebas/merdeka. Kami mempunyai kebijakan anti-diskriminasi dan anti-pengusikan untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dan suportif. Kami menjunjung tinggi kebijakan safe space di semua acara FSF, dan kami menyediakan beasiswa untuk menolong orang dari identitas berbeda, dan dari agama berbeda, untuk bergabung. Misi FSF adalah untuk memperjuangkan kebebasan semua pengguna komputer.” Tulis John beberapa jam setelah pengumuman dari Leah Rowe.

Situs Libreboot.org sudah melepaskan merek “GNU”, namun belum ada penyuntingan di bagian berita bergabungnya proyek ini di GNU.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top